SEJARAH DAN PEKEMBANGAN IKAN MAS KOKI

Minggu, 27 September 2015

Ikan Mas Koki
Para hobbis pasti sudah mengenal erat dengan ikan lucu, indah dan menggemaskan ini. Ikan maskoki yang memiliki nama latin carrasius auratus pada awalnya dibudidayakan oleh masyarakat Cina pada tahun 960-1729. Awalnya bentuk maskoki sama seperti ikan mas, karena memang jenis ikan ini berasal dari satu kerabat. Bedanya maskoki tidak memiliki sepasang sungut di mulutnya. Kemudian pada masa dinasti Ming (1368-1644) popularitas maskoki mulai menanjak, dari sinilah bermunculan maskoki dengan bentuk tubuh yang bervariasi dan unik.

Para ahli perikanan sendiri memang sepakat bahwa ikan mas koki memang berasal dari Cina, bukan dari jepang seperti sangkaan kebanyakan orang awam. Para ahli ini yang menulis buku-buku yang mengupas tentang mas koki yang berasal dari negeri Cina. Berdasarkan penelitian kromosom, spesies ikan yang ditemukan di Cina yang masih berhubungan erat dengan mas koki. nama ikan itu karper crucian (Crucian Carp). Bentuk karper crucian menyerupai ikan mas yang banyak dipelihara masyarakat Indonesia. Perbedaannya, karper crucian tidak memiliki misai, sedangkan ikan mas memiliki sepasang misai pada mulutnya. mas koki Karper Crusian (Crucian Carp), nenek moyang maskoki Kata para ahli, karper crucian inilah yang sebenarnya disebut ikan mas atau goldfish dalam bahasa inggris. Sedangkan ikan mas yang terdapat di Indonesia tak lain adalah karper. Nama ikan mas untuk karper lazim digunakan pendusuk di Jawa, khsusunya di Jawa Timur. Adanya pertalian kromosom itu, para ahli yakin bahwa karper crucian-lah yang merupakan asal muasal mas koki. Kalau kini tidak ada lagi persamaan bentuk antara mas koki dan karper krusian, penyebabnya adalah sudah terjadi mutasi dan kawin silang pada turunannya.

Dalam perkembangannya maskoki telah menyebar hampir keseluruh penjuru dunia, sebuah cerita di eropa mengungkapkan Sekitar tahun 1755, seorang raja Perancis yang bernama Louis XV telah memberikan maskoki yang sangat indah sebagai hadiah kepada salah seorang rekannya.

Perkembangan maskoki kemudian merambah hingga negeri sakura Jepang. Di negeri Jepang, ikan mas koki ini terus mengalami perkembangan pesat hingga dihasilkan jenis-jenis baru dengan bentuk yang lebih varatif seperti saat ini. Maskoki jenis baru ini merupakan hasil perkawinan silang yang terus-menerus dilakukan sampai didapat ikan maskoki yang semakin indah dan unik.

Ikan yang dihasilkan antara lain berbentuk bulat, pendek, benjol-benjol, bersirip panjang, dan pada jenis tertentu ekornya menjuntai mirip selendang. Jenis inilah yang disebut sebagai carrasius auratus yang lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan mas koki. Dari negeri Jepang ini, ikan koki mulai menyebar ke penjuru dunia termasuk Indonesia. Beragam jenis ikan mas koki dapat kita temukan mulai dari sederhana hingga yang unik bentuknya seperti jenis; Beragam jenis ikan mas koki dapat kita temukan mulai dari sederhana hingga yang unik bentuknya seperti jenis; Bubble Eye, Ranchu, Ryukin, Oranda, PomPom atau Hanafusa, dan lain-lain. (Baca juga Jenis-jenis Ikan Mas Koki di sini !!)

Demikian tentang sejarah dan pekembangan ikan mas koki, semoga artikel ini bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan para hobbis. terimakasih. 

Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami http://anekapeliharaanhias.blogspot.co.id/



09.06

0 komentar:

Posting Komentar