CARA MUDAH MENANAM TANAMAN HIAS MELATI AIR (Echinodorus palaefolius)

Kamis, 28 Januari 2016

Aneka-Peliharaanhias----Melati air (Echinodorus palaefolius var. latifolius) adalah tanaman berbunga yang indah dan menyegarkan udara yang masuk dalam suku Alismataceae dan berasal dari Brazil, Peru, Meksiko dan Uruguay. Bunga melati air ini unik karena hidup di genangan air yang banyak. Bunga melati air sangat cantik dan menarik. Ciri-ciri bunga melati air yaitu memiliki bunga berwarna putih dengan jumlah kelopak bunga 3, kepala sari berwarna kuning ditengah membentuk lingkaran.

Tanaman ini punya banyak kelebihan. Selain ­rajin berbunga tak kenal musim, melati air (Echinodorus palaefolius) juga punya bentuk daun yang eksotis, makin ke atas makin melebar. Tanaman bunga melati air berbunga tidak kenal musim. Daun tanaman bunga melati air memiliki bentuk yang eksotis, semakin ke atas makin melebar. Daun melati air agak kaku, permukaan dan bagian bawah daun ditumbuhi bulu-bulu yang kasar dengan bentuk daun bervariasi mulai dari bulat besar, lonjong besar dan lonjong kecil . Bunga melati air akan mekar pada saat pagi hari dan akan kembali menguncup pada sore hari.

Tanaman Hias Melati Air - Gambar: Google

Melati air pada dasarnya merupakan tumbuhan yang sangat mudah ditanam. Bahkan Anda yang tidak pernah memiliki pengalaman bercocok tanam pun bisa memeliharanya. Tanaman ini membutuhkan tanah yang mengandung banyak air. Selanjutnya Anda harus mengondisikan supaya tanah tersebut selalu dalam keadaan lembab. Alangkah baik jika tanaman di tanam di tempat yang teduh, tidak terkena terik matahari langsung. Melati air juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit lho sebab mempunyai kemampuan beradaptasi yang baik.

Jika ingin menanam melati air bak di dalam pot ataupun dalam kolam khusus, dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

Persiapan Pot Tanaman Hias Melati Air

Tidak ada spesifikasi mengenai jenis pot atau kolam yang bisa digunakan untuk menanam melati air. Anda bisa menggunakan kolam tanah, kolam beton, kolam fiberglass, hingga pot ukuran besar yang diisi air. Selanjutnya kolam tersebut dikeringkan dan dijemur selama 2-3 hari untuk mematikan kuman dan bakteri berbahaya bagi tanaman yang ada di dalamnya.


Penambahan Media Tanam pada Tanaman Hias Melati Air

Perlu diperhatikan, tanaman hias melati air membutuhkan media tanam sebagai tempat pertumbuhan akarnya. Tanaman ini sangat menyukai media tanam yang mengandung jumlah air yang tinggi. Anda bisa menggunakan tanah liat yang mengandung lumpur dan dicampurkan dengan pupuk kandang secukupnya. Jika tidak mau repot, ambil saja tanah di sawah lalu masukkan ke dalam kolam. Isilah kolam memakai media tanam hingga memenuhi 1/3 dari total volumenya.


Penanaman Bibit Tanaman Hias Melati Air

Bibit melati air yang sudah Anda beli di Toko Tanaman hias yang menjual melati air bisa langsung ditanamkan ke dalam pot atau kolam. Caranya, buatlah lubang tanam lalu masukkan seluruh bagian akar melati air. Usahakan posisi akar tersebut menyebar ke seluruh area pot dan kolam. Lanjutkan proses penanaman ini sampai seluruh bibit yang Anda miliki berhasil ditanamkan.

Bibit Melati Air - Gambar: Google

Pengisian Air pada Tanaman Hias Melati Air

Setelah semua bibit melati air sudah ditanam dengan baik, kini saatnya mengisi air ke dalam kolam tersebut. Gunakan air yang bersih untuk mengisi kolam dapat berupa air sumur atau air ledeng PDAM yang telah diendapkan selama satu malam. Isilah kolam dengan air hingga ketinggian muka air berada di posisi setengah ketinggian batang tanaman. Pastikan tidak ada tanaman yang tenggelam karena pasti akan membusuk.


Cara Perawatan Tanaman Hias Melati Air

Tanaman Hias Melati air tidak memerlukan penyiraman karena semua kebutuhan airnya sudah tercukupi dengan baik dalam genangan air yang tersedia. Faktor yang perlu diperhatikan adalah pemupukan. Berikan pupuk NPK kepada tanaman ini setiap sebulan sekali untuk mendukung pertumbuhannya. Pupuk NPK yang akan diberikan ke tanaman jangan langsung disebar begitu saja ke dalam kolam. Pemberian pupuk ini harus dikerjakan dengan metode penyuntikan memakai selang. Selang dimasukkan ke dalam media tanam, lalu pupuk NPK dialirkan lewat selang ini.

Setelah tanaman cukup besar, sebaiknya dipindah ke wadah yang lebih besar. Bisa ke bak atau pot. Tanaman Hias Melati air sangat bagus tumbuh di media yang lebar. Makin lebar dan besar wadah, makin bagus tampilannya. Bisa menggunakan pot tanah, sementara media tanamnya lumpur, pupuk kandang, ditambah pupuk NPK. Yang harus diperhatikan, sebaiknya berhati-hati ketika memindahkan melati air dari ember ke wadah yang lebih besar, pot misalnya. Tak boleh sembarang bongkar agar akar tanaman tidak putus.

Demikianlah tentang tanaman hias melati air, baik pengertian maupun cara perawatannya. Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung di blog ini.


Sumber :
https://belajartani.com/5-cara-pemupukan-yang-biasa-dilakukan-petani/.
https://travel.kompas.com/read/2009/09/30/15402440/melati.air.si.eksotis.yang.rajin.berbunga /.
https://www.uvplastik99.com/2019/09/tips-dan-trick-jitu-melakukan-budidaya.html



01.09

0 komentar:

Posting Komentar