MANFAAT BUNGA KEMBANG SEPATU (HIBISCUS ROSA SINENSIS)

Minggu, 09 Februari 2020

Aneka-Peliharaanhias – Sahabat penggemar dan hobiss tanaman hias, Tahukah Anda, ternyata bunga kembang sepatu yang banyak kita jumpai di tempat kita, selain indah untuk ditanam, ternyata juga memiliki banyak manfaat dan khasiat. apa saja manfaat kembang sepatu? Bunga yang dikenal indah dan berwarna-warni, ada yang merah ada juga yang kuning, putih, orange, pink maupun warna lain. Orang mengenalnya sebagai bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa sinensis) Di Sumatra dan Malaysia, kembang sepatu disebut bunga raya, atau wora-wari yang biasa di sebut oleh orang Jawa.


Tanaman Bunga Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) adalah termasuk tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau. Bunga dari berbagai kultivar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah tua atau merah jambu. Tanaman ini memang termasuk juga dalam keluarga Malvaceae. Tanaman kembang sepatu ini banyak ditanam orang di halaman rumah sebagai tanaman hias atau sebagai pagar hidup. Bunganya yang indah serta warna yang mencolok bisa memberi kesegaran mata serta memperindah pekarangan. Untuk perkembangbiakannya, umumnya dilakukan lewat cara stek batang atau cangkok. Jarang sekali yang memakai bijinya.

Bunga jenis ini terdiri dari 5 helai daun kelopak, yang dilindungi oleh kelopak tambahan (epicalyx), sehingga terlihat seperti dua lapis kelopak bunga. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih jika merupakan hibrida. Tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Biji terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima.

Pada umumnya tinggi tanaman sekitar 2 sampai 5 meter. Daun berbentuk bulat telur yang lebar atau bulat telur yang sempit dengan ujung daun yang meruncing. Di daerah tropis atau di rumah kaca tanaman berbunga sepanjang tahun, sedangkan di daerah subtropis berbunga mulai dari musim panas hingga musim gugur.

Bunga berbentuk trompet dengan diameter bunga sekitar 6 cm hingga 20 cm. Putik (pistillum) menjulur ke luar dari dasar bunga. Bunga bisa mekar menghadap ke atas, ke bawah, atau menghadap ke samping. Pada umumnya, tanaman bersifat steril dan tidak menghasilkan buah. Tanaman berkembang biak dengan cara stek, pencangkokan, dan penempelan.

Sekarang banyak kita temukan beragam jenis warna dan penampilan cantik bunga kembang sepatu ini. yang tentu saja selain indah untuk di pandang juga tentunya sangat menarik jika dipakai sebagai tanaman penghias taman dan halaman kita.

Gambar: Hibiscus Flower-Pinterest.com

Ternyata belum banyak orang yang tahu akan manfaat kembang sepatu ini untuk segala jenis pengobatan. Sebab, hampir seluruh bagian bunga sepatu, dari mulai akar, batang, daun, bunga, serta kelopak bunga berguna untuk kesehatan. Bagian bunganya memiliki kandungan gossy peptin anthocyanin serta glucoside hibiscin yang memiliki efek diuretic serta choleretic, memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, dan berperan penting sebagai tonik (obat kuat).

Asam aminonya berperan dalam sistem peremajaan sel tubuh. Sedangkan akar serta daunnya memiliki kandungan Calcium oksalat, peroxidase, lemak serta protein. Kurang lebih 15-30 persen dari tanaman bunga sepatu terdiri dari asam tanaman. Termasuk juga asam sitrat, asam malat, asam tartarat serta allo-hidroksisitrat lakton asam, yakni asam kembang sepatu.

Sebagai tanaman berkhasiat untuk menyembuhkan, akhirnya Tanaman bunga kembang sepatu semakin terkenal. Sekarang ini tersedia secara instan di pasaran dalam bentuk rajangan teh yang dibuat dari bunga kembang sepatu. Jadi bila Anda memakainya tinggal diseduh saja. Teh dapat dipakai untuk mengobati demam, membuat hati rileks, menurunkan berat badan sampai mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Untuk dunia kecantikan, ekstrak teh bunga sepatu ini diyakini menjaga kesehatan kulit. Beberapa penyakit lain seperti batuk, sariawan, gondok, bronkhitis, sakit kepala serta gonorhoe juga bisa disembuhkan dengan bunga kembang sepatu.

Demikianlah beberapa manfaat bunga kembang sepatu atau dalam bahasa latinnya Hibiscus Rosa Sinensis ini, dan manfaat ini masih banyak yang belum kita ketahui, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.



20.15

0 komentar:

Posting Komentar