CARA MEMBUAT DAN MERAWAT KOLAM IKAN HIAS KOI DI LAHAN GAMBUT

Kamis, 18 Juni 2020

Aneka-Peliharaanhias----Masing-masing daerah memiliki karakteristik lankap alam dan kondisi lingkungan yang berbeda-beda. Tanah di daerah pegunungan tentunya berbeda dengan dataran rendah yang memiliki lahan basah dan banyak rawa. Penelitian yang banyak dipublikasikan menyatakan bahwa Indonesia memiliki lahan basah sekitar 396.462 km2 (sekitar 20,8% luas wilayahIndonesia) yang tersebar terutama di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Ekosistem lahan basah mempunyai peran yang nyata dalam perkembangan masyarakat Indonesia. Sejak jaman dahulu berbagai suku bangsa yang menempati ekosistem lahan basah menjalin hubungan dan budaya mereka melebur menjadi budaya bangsa Indonesia. Oleh karena itu lahan basah merupakan wilayah yang strategis bagi Indonesia.

Lahan basah yang dimaksud di sini adalah ekosistem rawa, termasuk rawa bergambut yang dipengaruhi oleh air tawar maupun payau. Lahan basah meliputi wilayah pantai, lahan rawa-rawa, lahan bergambut, lahan berpotensi sulfat masam baik yang alami maupun yang artifisial, yang permanen maupun yang temporer, termasuk wilayah mangrove. Wilayah lahan basah memiliki beberapa karakteristik yang unik yaitu: 1. merupakan dataran rendah yang membentang sepanjang pesisir, 2. merupakan wilayah yang mempunyai elevasi rendah, 3. beberapa tempat dipengaruhi oleh pasang surut untuk di wilayah dekat dengan pantai, 4. dipengaruhi oleh musim yang terletak jauh dari pantai, dan 5. sebagian besar wilayah ini tertutupi dengan gambut.

Membangun sebuah kolam ikan hias Koi dan lainnya, tentunya harus disesuaikan dengan kondisi tanah yang bersangkutan. Terutama untuk membangun kolam koi di daerah lahan basah dan gambut yang tanahnya bersifat lembek dan berair, harus benar-benar diperhatikan pondasi dasarnya agar kolam yang terbuat dari bata dan semen tidak retak dan bocor. Sama seperti pembangunan rumah oleh penduduk setempat, perlu tips dan trik khusus untuk membangun kolam ikan hias.

Berikut ini blog Aneka-Peliharaanhias, mencoba berbagi tentang bagaimana cara membuat merawat kolam ikan hias Koi di lahan gambut agar tidak mudah rusak, baik mengalami kebocoran atau retak pada bagian dinding kolamnya.

1 Persiapan lahan dan Taman

Pilhan lahan tentu saja melihat tata letak dan tampilan keberadaan kolam yang akan dibangun. Sama seperti pembangunan kolam ikan hias lainnya, kebutuhan dasarnya adalah dibangun untuk memperindah taman dan halaman.

2. Pemasangan Podasi Dasar Kolam

Pondasi dasar kolam yang dibangun di lahan gambut yang basah diperlukan diperkuat dengan kayu galam.

3. Pemasangan Bata dan semen

4. Pengecatan

5. Perawatan kolam dan ikan


VIDEO PEMBUATAN KOLAM IKAN HIAS KOI DI LAHAN GAMBUT :

   



22.24

0 komentar:

Posting Komentar