BEGINILAH CARA MEMPERCEPAT MUTASI WARNA IKAN CUPANG YANG BENAR

Rabu, 28 Februari 2018

Aneka-Peliharaanhias----Beginilah Cara Mempercepat Mutasi Warna Ikan Cupang yang Benar-Beberapa jenis ikan cupang ada yang tidak memiliki warna apalagi terlihat berwarna cerah, apalagi saat usia muda sehingga butuh waktu yang lumayan lama untuk proses ikan cupang bermutasi atau mengeluarkan warna.


Nah, ada beberapa tips cara agar ikan cupang bermutasi lebih cepat dari biasanya. Cara-cara ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan karena sobat cupang hanya perlu sedikit usaha dan kesabaran untuk mengaplikasikan langkah-langkah yang saya berikan di bawah ini.

Berikut adalah tips cara ampuh mempercepat mutasi warna pada ikan cupang yang Admin himpun, ambil dan pelajari dari berbagai sumber :

Cara Mempercepat Mutasi Warna Ikan Cupang


1. Rutin Mengganti Air

Hal pertama yang harus sobat cupang lakukan adalah mengganti air ikan cupang secara rutin, usahakan selalu mengganti air 3 hari sekali. Pastikan air tersebut adalah air yang sudah diendapkan atau didiamkan selama satu hari.


2. Menggunakan Air Rendaman Daun Ketapang

Selanjutnya yaitu menggunakan daun ketapang, banyak para penggemar dan hobis ikan cupang mengetahi khasiat dari daun ketapang untuk ikan cupang. Jadi usahakan untuk tetap menggunakan daun ketapang pada saat mengganti air yang baru untuk ikan cupang sobat, dan pastikan juga daun ketapang tersebut adalah daun ketapang baru yang belum pernah digunakan sebelumnya.



3. Memberikan Garam Ikan

Langkah ketiga yang wajib sobat cupang lakukan setelah mengganti air adalah memberikan garam ikan secukupnya. Garam ikan berfungsi untuk mencegah penyakit dan parasit untuk ikan cupang dan masih banyak lagi fungsinya mungkin dilain kesempatan saya akan membuat tentang fungsi garam ikan untuk ikan cupang secara lengkap dan detail.

Oke lanjut, berikan garam ikan secukupnya yaitu dengan takaran seujung kuku jari sobat cupang dan usahakan jangan memberikan terlalu banyak karena sesuatu yang berlebihan pasti akan menjadi tidak baik dan malah menimbulkan sesuatu yang buruk. Pastikan garam ikan sudah larut dengan air sebelum memasukkan ikan cupang sobat.


4. Makanan Yang Baik Dan Rutin

Langkah selanjutnya yang harus sobat cupang lakukan adalah dengan memberikan makanan yang baik dan rutin untuk ikan cupang sobat. Makanan yang baik untuk mempercepat mutasi ikan cupang adalah udang kecil. Usahakan sobat cupang memberikan makan udang di setiap sore hari setiap hari. Untuk makanan pendamping udang tersebut sobat cupang bisa memberikan kutu air dan juga jentik nyamuk pada pagi harinya, tapi ingat jangan memberikan makan secara berlebihan, karena tidak baik untuk si ikan cupang.


5. Menjemur Ikan Cupang

Langkah terakhir yang harus sobat cupang lakukan adalah rutin menjemur ikan dipagi atau sore hari selama beberapa menit, sinar matahari adalah vitamin yang bagus untuk ikan cupang sobat. Usahakan untuk menjemur ikan cupang secara rutin agar mempercepat mutasi warna ikan cupang, dan mengeluarkan warna yang bagus juga maksimal.

Demikianlah artikel tentang cara mempercepat mutasi warna ikan cupang. semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga membantu sobat cupang. Terima kasih. 



08.54

0 komentar:

Posting Komentar