MENGENAL SEJARAH DAN ASAL MUASAL IKAN CUPANG NEMO (clown fish)

Rabu, 28 Februari 2018

Aneka-Peliharaan-Hias----Ikan cupang Nemo (clown fish)  bermotif nemo adalah jenis baru yang beredar di kalangan hobiis (penghobi) cupang hias belakangan ini. Corak dan warna tubuhnya yang unik dan menarik, serta masih jarang diketemukan, tengah diburu-buru para hobiis di tanah air. 


Di awal 2017, ikan ini mulai masuk ke Indonesia melalui para hobiis dalam negeri. Kemudian mulai dibudidayakan dan disebar ke pasaran lokal mulai pertengahan 2017. Cupang nemo yang awalnya masih langka, sebetulnya bukan berasal dari dalam negeri. Cupang nemo merupakan asli dari negara tetangga, yakni Thailand. Nemo merupakan hasil riset perkawinan silang antara warna dasar atau warna primer yang dilakukan oleh para pembudidaya di Thailand. Riset yang dilakukan bekerja sama dengan pemerintah Thailand.

Bersarkan sejarahnya, corak unik ini, ternyata juga punya sejarah cerita. Awalnya hal ini karena cupang sering kali dilakukan kawin silang untuk mendapatkan motif dan warna baru. “Kawin silang cupang kerap dilakukan, dan kini mulai berkembang di kalangan hobiis dalam negeri yakni cupang dengan branding nemo (clown fish). Nama branding nemo diambil berdasarkan corak dan warna ikan cupang yang menyerupai nemo, ada warna kuning, merah, hitam dan lainnya,” jelasnya. 

Harganya pun bisa fantastis, mencapai jutaan rupiah untuk per ekornya, yang salah satu faktornya karena ikan ini masih tergolong rare (langka) dan unik. Harga jual cupang nemo ini bisa berkisar antara Rp 750 ribu sampai dengan Rp 3 juta. Bahkan bisa lebih tergantung dari keindahan, keunikan motif yang dimiliki oleh ikan itu sendiri.


Macam-macam dan Ragam Jenis Cupang nemo

Keunikan yang dimiliki ikan cupang Nemo ini, berwarna terang terbagi dalam berbagai golongan. Yakni berdasarkan motif dan corak ikan cupang nemo. 


Dikalangan hobbis dan penggemar ikan cupang kita temukan beberapa jenis nama ikan cupang Nemo ini antara lain:

Cupang-Nemo-Emerald
Cupang Nemo Emerald adalah nemo dengan motif blok vertikal warna merah, hitam, kuning. Atau, ada juga yang hanya merah dan kuning. Maka golongan ini masuk dalam golongan yang harganya paling mahal karena masih sangat jarang. 

Cupang-Nemo-candy
Kemudian, yang kedua, ada nemo candy dengan motif merah dan kuningnya bercampur dengan warna lain; seperti ada corak warna ungu, biru dan pink sehingga terlihat seperti permen. Corak ini maka dijuluki golongan candy. 

Cupang-nemo leopard.
Cupang-nemo leopard adalah cupang nemo yang terbaru dan terakhir, Yakni dengan tampilan, dasar tubuh ikan bisa berwarna kuning bercampur jingga dan ada motif titik-titik merah dan bayangan di sekujur tubuh cupang, sehingga terlihat seperti motif macan tutul atau leopard. Sebenarnya nama-nama tersebut hanya sebagai branding agar mudah dikenal di kalangan hobiis ataupun orang awam. 

Demikian artikel dan ulasan singkat tentang sejarah dan asal muasal ikan cupang Nemo, semoga bermanfaat.



09.07

0 komentar:

Posting Komentar