CARA MUDAH DAN SEDERHANA MENANAM TANAMAN HIAS DI MEJA TAMU

Rabu, 28 Januari 2015

Aneka-Peliharaanhias----Menanam tanaman hias di dalam rumah terutama di meja tamu, harus dengan cara khusus agar tanaman dapat tumbuh  dan memeberikan keindahannya dengan maksimal. Cara-cara khusus ini menyangkut cara penanaman, penyiraman, pemupukan, termasuk penyediaan media tanam yang cocok untuk di dalam ruangan.


Tidak semua tanaman cocok dijadikan tanaman dalam ruangan, hal ini terkait dengan karakteristik dari tanaman tersebut. Faktor yang sangat mempengaruhi cocok tidaknya tanaman tersebut dalam ruangan adalah kebutuhan akan cahaya matahari. Ada tanaman jenis tertentu yang harus mendapatkan matahari yang banyak, perlu sinaran sepanjang hari. Ada pula yang perlu ditempat teduh. Walaupun hal ini bisa disiasati dengan penggunaan lampu, tetapi faktor kepraktisannya sangat perlu dipertimbangkan.   

Berikut ini cara dan tips-tips menanam tanaman hias di dalam ruangan khususnya di ruang tamu, agar tanaman terlihat indah dan menarik.


1. Pemilihan Media Tanam untuk Tanaman Hias 

Media tanam yang digunakan untuk menanam tanaman hias di dalam rumah / indoor harus memiliki karakter porous yaitu hanya dapat menampung sedikit air. Menanam tanaman hias di dalam rumah sangat identik dengan menanam tanaman hias di dalam pot. Faktor kebersihan juga menjadi perhatia utama, jangan sampai media tanam berhamburan dan menyebabkan ruangan kotor. Contoh media tanam yang cocok digunakan untuk menanam tanaman hias indoor adalah sekam bakar, cocopeat, cacahan pakis, atau kombinasi media tanam. Media tanam tsb sebaiknya dicampur dengan humus, pupuk kompos atau pupuk kandang untuk menjamin terdapatnya nutrisi yang cukup dalam media tanam tsb. 


2. Pemilihan Tanaman Hias 

Sudah disinggung sedikit di atas, untuk menanam tanaman hias di dalam rumah harus memilih tanaman hias yang kuat dan tahan akan kondisi dalam ruangan. Contoh tanaman hias indoor yang cukup terkenal di antaranya adalah phaeleonopsis / anggrek bulan dan dendrobium. Namun seperti yang Anda tahu, untuk menanam anggrek diperlukan perawatan yang tepat agar dapat terus tumbuh dan berbunga. Contoh tanaman hias indoor lainnya adalah palem, bunga Lili, anthurium, sirih gading, bunga andong, dll. Bila Anda sebagai pemula, sebaiknya memilih tanaman hias yang mudah ditanam dan dapat tumbuh dengan hanya sedikit perawatan misalnya philodendron, sanseviera, dracaena. Tanaman yang tidak memerlukan banyak sinar matahari sangat cocok ditempatkan di dalam rumah. 

3. Lakuan Rotasi Tanaman Hias 

Kurang baiknya kondisi lingkungan di dalam rumah terutama cahaya matahari untuk pertumbuhan tanaman hias merupakan masalah utama pada menanam tanaman hias di dalam rumah. Oleh karena itu sebaiknya dilakukan rotasi penempatan tanaman setidaknya setiap 2 minggu sekali ke tempat yang memiliki asupan cahaya cukup misalnya di dekat jendela yang menerima cahaya matahari. Atau Anda dapat meletakkan pot tsb di pekarangan rumah untuk sementara waktu. Tujuan dari rotasi tanaman ini adalah untuk memberikan kesegaran dan asupan sinar matahari untuk keperluan fotosintensis dan pertumbuhan tanaman hias itu sendiri. Bila diperlukan, Anda dapat memasang lampu artificial di dalam rumah untuk keperluan cahaya bagi tanaman.


4. Pemupukan 

Pemupukan dapat dilakukan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tanaman. Pilih pupuk tertentu yang tidak bersifat menyuburkan daun, karena pertumbuhan daun yang telalu pesat akan mempercepat penguningan dan kerontokan daun tanaman. Pada sebagian hobis tanaman hias dalam ruangan banyak yang menggunakan pupuk dengan komposisi seimbang dan jangka panjang. Pupuk yang banyak digunakan adalah pupuk Majemuk berbentuk tablet yang praktis digunakan. 


5. Perawatan Tanaman Hias 

Salah satu tantangan terbesar menanam tanaman hias di dalam rumah adalah perawatannya. Perawatan tanaman yang dilakukan seperti halnya perawatan tanaman hias di pekarangan rumah meliputi penyiraman, pencabutan gulma, pemangkasan dan pemupukan. Penyiraman tanaman hias di dalam rumah tidak perlu dilakukan sesering bila ditempatkan di luar rumah. Untuk penyiraman, lakukan tes kelembaban media tanam terlebih dahulu dengan cara menekan media tanam menggunakan jari. Bila kering lakukan penyiraman secukupnya. 


6. Upgrade Pot Tanaman Hias 

Saat tanamn hias mulai tumbuh membesar dan akar dalam pot mulai memenuhi pot, hingga kadang sampai keluar, maka itulah tanda saatnya tanaman hias tsb harus dipindahkan ke pot yang lebih besar. Pemindahan tanaman hias tsb harus dilakukan hati-hati agar tidak merusak tanaman hias. Selain mengganti pot perlu juga dilakukan pergantian media tanam dengan yang lebih baru, mengingat tanaman perlu media tumbuh yang lebih segar dan alami. Pemindahan pot dan penggantian media tanam tsb juga sangat penting untuk menjamin ketersediaan nutrisi di dalam media tanam yang digunakan. 

Demikianlah cara menanam tanaman hias di dalam rumah dan diruang tamu. Tanaman hias yang kita tanam akan memberikan keindahannya baik daun ataupun bunganya, jika kita rawat dengan sungguh-sungguh. Terimakasih sudah berkunjung kesini. sukses selalu.




20.12

0 komentar:

Posting Komentar