7 TIPS CARA SEDERHANA MEMELIHARA IKAN MAS KOKI YANG BAIK

Minggu, 27 September 2015

Memelihara ikan mas koki juga termasuk yang gampang-gampang susah, menurut pengalaman penulis, ikan mas koki sebenarnya termasuk ikan hias yang manja "jenis tertentu" dengan kondisi lingkungan tinggalnya (Aquarium). Kita harus benar-benar memperhatikan kondisi air, kebersihan dan temperatur air untuk ikan ini dapat hidup dan tumbuh dengan maksimal. Bisa sih dilakukan dengan pemeliharaan minimalis-seadanya tapi ikan tidak berkembang baik, dan keindahannya akan berkurang sedikit demi sedikit. Berikut beberapa tips atau cara sederhana untuk memelihara ikan cantik ini.


1. Pasokan Oksigen atau Udara
Ikan mas koki mutiara memerlukan gelembung udara sehingga dalam pemeliharaannya di dalam aquarium, anda seharusnya melengkapinya dengan air pump. Di sini dimaksudkan untuk memberikan kestabilan oksigen dan juga menjaga kejernihan airnya.

2. Kebersihan Perlengkapan dan aksesories
Cucilah berbagai hiasan aquarium yang akan anda gunakan untuk memperindah tempat ikan. Usahakan cuci bersih lalu masukkan supaya air dalam aquarium tidk mudah keruh karena jika air begitu keruh berarti anda harus extra waspada untuk selalu mengganti airnya, jika tidak akan berdampak negatif pada ikan anda.

3. Pemberian Makanan atau Pakan
Beri makan secukupnya. Dan usahakan dalam satu hari, anda memberi makan ikan hias anda 2 kali, pagi dan sore hari. Berikan makan secukupnya tanpa meninggalkan sisa, jika sisa maka ambil saja dengan jaring agar air tidak keruh.

4. Penggatian Air 
Gantilah air aquarium paling tidak 2 minggu sekali. Ini sangat penting untuk menjaga kesehatan ikan yang intinya bergantung pada kejernihan dan sterilnya air yang didiaminya, usahakan air yang digunakan adalah air yang mengandung PH yang sesuai dengan ikan, jika menggunakan air PDAM usahakan diendapkan atau di erase selama 2 malam untuk mengurangi kadar kaporit dan zat keras yang terkandung di dalamnya. Jadi, lakukanlah langkah ini minimal setiap 2 minggu.

5. Perlakuan Ikan
Saat anda ingin mengganti air aquarium, pindahkan dulu ikannya. Caranya adalah dengan mengambil satu ciduk air dari aquarium tersebut, isikan dalam ember dan taruhlah ikan disitu. Sebaiknya ambil ikan dengan ember langsung dengan airnya, atau jika menggunakan jala gunakan jala yang lebut agar tidak merusak sirip dan sisik ikan. Setelah itu, silahkan bersihkan aquarium dengan spon dan lain-lain.

6. Pengisian Air
Isilah aquarium dengan air yang baru. Setelah itu masukkan Ikan mas koki mutiara ini beserta air yang ada di ember tadi. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan cara paling mudah untuk ikan lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

7. Pengobatan Ikan Sakit
Untuk pengobatan ikan yang sakit hendaknya hati-hati sekali. Ada beberapa penyakit ikan mas koki yang jika dibiarkan dapat berakibat fatal. Langkah penanganan pertama adalah mewaspadi keadaan kondisi ikan yang terlihat berbeda dan tidak selincah biasanya. Kalo ikan mas sudah berenang terbalik dengan perut ke atas permukaan, tanda bahwa ikan mas sudah sakit parah, itu dapat dipastikan ikan mas sudah mendekati kematian. Untuk pencegahan dan pengobatan ikan mas Koki yang sakit akan kita bahas dalam artikel berikutnya,, di sini !!

Demikian tips dan cara sederhana memelihara ikan mas koki yang baik agar ikan mas koki kita dapat tumbuh sehat dan keindahannya dapat selalu terjaga. Inti utama dari pemeliharaan ikan mas koki ini adalah ketelatenan dan kesabaran. semoga bermanfaat. terimakasih.



08.25

0 komentar:

Posting Komentar