Home » , , , » 20 IKAN HIAS CANTIK YANG SELALU DICARI DAN TREND PADA TAHUN 2018

20 IKAN HIAS CANTIK YANG SELALU DICARI DAN TREND PADA TAHUN 2018

Aneka-peliharaanhias-----Bisnis Ikan hias tidak akan pernah mati, karena selalu saja ada penggemar dan penyuka ikan hias di seluruh Indonesia ini. Pangsa pasar ikan hias air tawar akuarium memang selalu ramai di Indonesia. Para pembudidaya ikan hias sendiri juga terhitung cukup banyak. Hal ini mungkin sedikit berasalan, mengingat cara ternak atau budidaya ikan hias memang cukup gampang. Hanya bermodalkan akuarium, kolam bak beton, kolam terpal dan bak fiber glass, ikan hias sudah bisa tumbuh dan dipanen. Disamping cara budidayanya terbilang mudah, harga ikan hias indukan pasangan jantan dan betina ikan hias juga cukup murah. Rata-rata kisaran harga jantan dan betina ikan hias apapun jenisnya hanya berkisar Rp. 10.000 hingga 100 ribuan saja. Berikut inilah jenis-jenis ikan hias yang sedang trend dan selalu dicari penggemar ikan hias di Indonesia pada tahun ini.


20. Botia

Botia termasuk ikan yang bukan hanya digemari di indonesia tetapi juga dimanca negara, karena dihabitat asilnya mereka hidup disungai dengan arus deras maka untuk kalian yang ingin memeliharanya disarankan menggunakan arus buatan di kolam atau akuarium kalian, selain itu kamu harus pastikan ikan ini hidup di air dengan suhu sekitar 24 – 26’c. Panjang ikan botia bisa mencapai 30 – 40 cm jadi mungkin kalian dapat menyiapkan akuarium berukuran sedang untuk memiliharanya dan jangan lupa membeli mereka dalam jumlah yang banyak sekitar 4-6 ekor karena ikan ini adalah ikan yang senang berkelompok dengan sesama mereka.



19. Mickey mouse


Ikan yang merupakan varietas ikan platty, dari sekian banyak ikan platty ikan mickey mouse termasuk ikan yang paling populer, tidak tau kenapa ikan ini disebut ikan mickey mouse tetapi kemiripan bentuk tubuh dengan mickey mouse oleh beberapa orang. Ikan ini termasuk ikan yang tidak agresif dan bersifat lembut, jadi karena bentuknya yang kecil dan suka berkoloni, dalam pemeliharaan jangan satukan mereka dengan ikan predator jika kalian tidak mau ikan ini disantap.


18. Silver dollar

 
Ikan yang terlihat sedikit mirip ikan piranha kecil ini merupakan jenis ikan hias yang memiliki nilai jual cukup baik sehingga ikan ini banyak dipelihara untuk komuditi bisnis. Seperti namanya ikan ini memang terlihat seperti uang koin berwarna silver, diameter ukuran ikan ini bisa mencapai 15cm dan habitat asli mereka adalah sungai amazon. Pakan untuk ikan ini tergolong mudah karena mereka termasuk ikan herbivora sehingga kalian hanya perlu menyiapkan dedaunan seperti selada jangan lupa untuk menyetel suhu air menjadi 26-30’C dimana ini adalah suhu ideal mereka untuk tetap bisa hidup


17. Ikan Sepat Hias

Ikan sepat biasanya adalah ikan untuk konsumsi yang banyak terdapat diperairan sungai dan danau yang tenang. Untuk jenis ikan sepat yang dipelihara sebagai ikan hias, adalah jenis ikan sepat yang memiliki warna yang sangat menarik. Sepat hias memiliki berbagai varian, salah satunya di bawah ini adalah sepat hias lurik/sepat hias batik, dengan bentuk badan bergaris2 merah dan putih seperti corak batik.


16. Ikan Sumatera

 
Ikan sumatera merupakan jenis ikan hias yang juga tak kalah mengagumkan. Kombinasi warna pada tubuhnya unik dan indah, cukup mirip dengan corak warna kuning hitam seperti macan. Sesuai dengan nama yang disandangnya, jenis ikan yang satu habitatnya paling banyak berada di pulau Sumatera. Untuk memelihara atau membudidayakan ikan ini juga cukup gampang, karena jenis ini termasuk ikan koloni yang hidupnya selalu bergerombol. Jenis ini bisa disatukan dalam satu akuarium sekaligus. Harga per ekornya, baik itu untuk jantan dan betina berkisar antara Rp. 3000 hingga ratusan ribu.


15. Ikan Black Ghost



Dari sekian banyak jenis ikan hias, mungkin jenis yang satu ini cukup unik dan menarik. Bentuk tubuhnya juga cukup aneh. Cara berenang ikan black gosht sangat aneh, terkadang berenang secara terbalik mundur dan terkadang juga berenang maju. Harga ikan black ghost sendiri terbilang lebih mahal daripada ikan hias lainnya. Untuk harga per bijinya, baik itu untuk betina dan si jantan berkisar, Rp 10000 hingga ratusan ribu. Tidak hanya bewarna hitam yang sebagaimana sesuai dengan namanya, jenis ikan yang satu ini juga terdapat dalam varian warna seperti brownghost dan whiteghost.


14. Ikan Lemon


Ikan lemon memiliki nama latin Neolamprologus Leleup atau bisa juga disebut sebagai Lemon Cichlid. Ikan lemon merupakan salah satu spesies dari genus cichlid dan merupakan ikan endemik Danau Tanganyika, Afrika. Danau Tanganyika merupakan danau terbesar dan terdalam di dunia setelah danau Baikal di Siberia. Dan merupakan danau terpanjang di dunia. Lebih uniknya lagi, danau ini dimiliki oleh empat negara yang berbeda, yaitu mulai dari Tanzania, Republik Demokratik Kongo (DRC), Burundi , dan Zambia. Dimana Negara Tanzania mengambil bagian danau sebanyak 46% dan DRC memiliki bagian sebanyak 40%. Spesies ini mencapai panjang 10 cm. Warna ikan ini cukup khas dan unik, yaitu mulai dari kuning cerah hingga cokelat tua tergantung daerah danau itu sendiri.



13. Ikan Palmas atau Ikan Naga

 
Ikan palmas atau yang biasa ikta sebut dengan ikan naga merupakan salah satu jenis ikan hias yang berasal dari benua Afrika. Ikan seram ini akan mudah kita temui di rawa atau sungai-suangai yang beraliran tenang misalnya saja Sungai Cavally, Sungai Liberia Timur, Sungai Casamance, dan Sungai Sanit Poul yang masih terletak di Liberia bagian Barat. Meskipun ikan ini terbilang seram, namun tidak jarang banyak para pecinta ikan mengoleksinya di akuarium-akuarium kesayanagnnya. Ikan ini memiliki beberapa jenis yang diantaranya adalah Sinegal Bichir, Armoured bichir, Ikan naga ornate, naga teugelsi dan masih banyak lagi yang lain. Untuk ukurannya sendiri predator ini bisa mencapai panjang hingga 30 cm-45cm dengan warna loreng seperti ular membautnya begitu seram dan menakutkan. Ikan ini termasuk ikan yang suka berenang di dasar dan di habitat aslinya ia biasa memakan ikan-ikan yang memiliki ukuran lebih kecil. Sedangkan pemeliharaan dalam akuarium maka ikan ini bisa diberi makan berupa pellet, serangga, dan cacaing sutra. Untuk menemukan ikan ini, kamu cukup mengunjungi pasar ikan hias terdekat. Namun tak jarang ikan ini sulit dutemukan. Sedangkan untuk harga ikan ini dibandrol mulai dari harga 250.000 hingga 500.000 sesuai pasokan di lapangan.



12. Ikan Manfish


Ikan manfish ( Pterophyllum scalare ) merupakan salah satu ikan hias air tawar yang cukup familiar dikalangan pecinta dan kolektor ikan hias. Gerakannya yang begitu tenang dan anggun sangat menyejukkan mata, dan didukung dengan warnanya yang indah menjadikannya sebagai salah satu ikan yang penuh dengan daya tarik. Ikan indah ini berasal dari perairan-perairan yang ada di Amerika Selatan seperti sungai Amazon, Brazil, Columbia, serta Peru. Ikan manfish termasuk dalam family Cichlidea, dengan ciri-ciri morfologis berupa bentuk tubuh yang pipih dan sirip bagian atas serta sirip bagian perut yang membentang lebar ke arah ekor menjadikan ikan manfish bagaikan busur panah. Sama halnya dengan ikan hias lainnya ikan manfish memiliki beberapa varian jenis atau spesies  yang keindahannya tidak kalah dengan ikan hias lainnya. Jenis ikan manfish yang ada di pasaran diantaranya adalah Manfish berlian, Manfish Marble, Manfish Black-White, dan masih banyak yang lainnya.


11. Ikan Hias Bala Shark


 

Ikan bala shark (Balantiocheilos melanopterus)  juga dikenal sebagai hiu tricolor, hiu perak, atau ikan hiu kecil, merupakan ikan hias yang berukuran kecil dan merupakan spesies dari keluarga Cyprinidae. Selain itu, ikan bala shark adalah salah satu dari dua spesies dalam genus Balantiocheilos. Jenis ikan ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan hiu. Tapi umumnya disebut demikian karena bentuk tubuh dan siripnya menyerupai hiu. ikan bala hiu dapat kita temukan di Semenanjung Melayu , Sumatera , dan Kalimantan. Ada juga yang menyebutkan terdapat juga di sungai Mekong dan Sungai Chao Phraya. Padahal spesies yang dimaksud adalah jenis B. ambusticauda yang populasinya telah punah.


10.
Ikan Hias Rainbowfish


Ikan Boesemani Rainbowfish atau Melanotaenia boesemani merupakan spesies ikan yang masuk dalam keluarga Melanotaeniidae. Ikan Ini merupakan ikan endemik Danau Ayamaru serta sungai-sungai di kawasan pegunungan Semenanjung Kepala Burung, Papua Barat, Indonesia. Ikan ini banyak kita temukan di pasaran maupun di penghobi ikan hias. Selain itu ikan rainbowfish ini terkenal dengan kecantikan dan perpaduan warna yang sangat sempurna serta sikapnya yang damai terhadap ikan jenis lain dalam satu tempat. Corak warna yang dimiliki ikan rainbowfish ini berbeda-beda setiap jenisnya namun secara umum warna yang dimiliki ikan Ranbowfish adalah setengah oranye-merah di bagian belakang serta ada warna kebiruan-abu atau ungu di depan.


9.
Ikan Hias Oscar

Ikan Oscar terlahir dengan nama Astronotus ocellatus dari keluarga Cichlidae. Secara ukuran kan oscar memiliki ukuran 8 sampai 14 inchi, ukuran yang cukup besar untuk jenis ikan hias. Ikan Oscar berasal dari daratan amerika terutama perairan Amazon. Jika diperhatikan secara sekilas ikan Oscar memiliki kemiripan dengan ikan gurame, ya nggak? Bentuknya yang lebar, siripnya, semua mirip sekali dengan ikan gurame. Hanya saja yang membedakan diantara keduanya adalah warna sisiknya. Sisik ikan oscar terlihat lebih berwarna dan cerah berbeda dengan suadaranya ikan gurame.


8.
Ikan Hias Neon Tetra

Ikan kecil-kecil dengan warna cerah dan cemerlang ini, apa lagi jika terkena sinar lampu UV. Biasanya dipelihara sebagai pelengkap Aquascap. Ikan neon tetra merupakan jenis ikan hias air tawar yang berasal dari daratan amerika selatan. Ikan ini memiliki nama latin Paracheirodon innesi dan termasuk ke dalam family characin (Characidae) order Characiformes. Ikan tetra merupakan ikan yang berumur panjang jika dipelihara dengan baik, yaitu 5-10 tahun. Ikan ini merupakan jenis ikan omnivora yang memakan segalanya. Selain itu, ikan neon tetra merupakan ikan hias yang banyak diburu oleh penhgobi ikan hias di seluruh dunia.


7.
Ikan Hias Discus

Bisa dibilang jenis ikan satu ini mungkin lebih menarik daripada jenis ikan hias kebanyakan, karena rata-rata harga per ekornya bisa sampai Rp. 50000 hingga ratusan ribu. Ikan Discus juga merupakan ikan yang banyak jenisnya dengan corak warna tubuh yang bermacam-macam. Mulai dari warna merah, oranye, ungu dan masih banyak lagi. Tubuhnya unik dan pipih yang sangat cocok sekali dijadikan hewan hias yang menemani waktu santai di rumah.


6.
Ikan Hias Cupang
Ikan cupang merupakan jenis ikan hias yang notabenya cukup menjadi favorit rakyat di Indonesia. Harganya sendiri juga relatif terjangkau, yang rata-rata hanya sampai berkisar antara Rp. 6000 hingga Rp 100 ribuan, tergantung jenis ikan cupang. Dimana ikan cupang sendiri termasuk ikan yang juga banyak jenisnya, mulai dari Halfmoon, Plakat, Double Tail dan masih banyak lagi. Selain dikenal sebagai ikan hias, jenis ikan yang satu ini sebagain juga disebut dengan ikan aduan atau petarung yang cukup agresif. Jika semisal disatukan dalam wadah akuarium yang sama dan meskipun sama jenis, keduanya akan saling menyerang.


5.
Ikan Hias Guppy

Jenis Ikan hias yang selanjutnya ialah ikan guppy. Sedikit berbeda dengan ikan hias kebanyakan yang mana ukuran tubuhnya rata-rata terbilang lebih kecil. Betina maupun si jantan hanya bisa sampai tumbuh dari ekor hingga kepala 2-6 cm. Jenis ikan yang satu ini juga terdapat dalam berbagai jenis dan vairasi harga. Diantaranya seperti Blue Moscow, German Platinum Crown tail, Green Red dragon, Black Moscow, mozaic, Japan Blue, Metal Lace Thailand, Cobra dan masih banyak lagi. Harga ikan gubby sendiri tergantung jenis dan umur ikan. Rata-rata harga ikan gubby bisa berkisar antara Rp. 2000 hingga ratusan ribu.



4.
Ikan Hias Mas Koki


Siapa yang tidak mengenal ikan hias cantik dan mahal yang satu ini. Ikan mas koki jenis ikan hias yang mempunyai daya tarik tersendiri. Melihat penampilan fisiknya saja, kebanyakan orang akan tertarik. Ekor dan sirip-siripnya hampir menyerupai kain tipis. Terlebih lagi pada bagian dahinya juga terdapat benjolan unik yang memang sudah menjadi ciri khasnya. Ikan koki dibanderol cukup mahal. Untuk harga per ekor ikan koki bisa sampai nominal Rp. 10000 hingga jutaan, tergantung jenis dan kecantikan warna.


3.
Ikan Hias Koi

Ikan koi juga dipercaya sebagai ikan hias pembawa keberuntungan bagi yang memeliharanya. Ikan ini cocok diletakan dalam kolam hias dirumah kita. Dibandingkan di meletakkannya di dalam akuarium untuk jenis ikan hias yang satu ini memang lebih cantik jika dipelihara di kolam pada teras rumah. Disamping ukuran tubuhnya bisa lebih besar lagi, tentu tidak sesuai jika diletakkan di dalam akuarium kecil, jenis ikan yang satu ini memang lebih indah jika dipelihara di kolam dalam jumlah banyak. Harga per ekor ikan koi sendiri berkisar antara Rp 10000 hingga jutaan rupiah, tergantung kecantikan warna dan jenis ikan.


2.
Ikan Hias Lou han

 
Jenis ikan hias yang satu ini mungkin bisa dibilang pernah merajai pangsa pasar ikan hias di Indonesia. Dimana harga per ekor ikan lou han tidak hanya sampai jutaan, bahkan sampai miliyaran. Jenis ikan air tawar dengan bentuk dan warna tubuh yang cantik ini juga sangat populer di Indonesia. Warna tubuhnya bermacam-macam, tergantung jenis ikan lou han. Namun jika semisa bicara mengenai ciri fisik, mungkin akan lebih mudah jika melihat bentuk dahi yang menonjol ke depan yang mana sudah menjadi ciri khusus ikan ini.


1.
Ikan Hias Arwana


Sebagai ikan hias peliharaan Arwana adalah ikan yang paling populer dan melegende, karena selain eksistensinya yang tidak ada matinya, harga ikan Arwana memang selalu pastastis jika dibandingkan ikan jenis lain. Jenis ikan yang satu ini juga cukup mahal tergantung jenis ikan arwana itu sendiri. Namun jika semisal jenis yang paling termahal, mungkin lebih pantas disematkan pada arwana merah (Super Red) yang mana lebih populer dibandingkan dengan arwana jenis lainnya yang berwarna selain merah. Harga per ekor arwana jenis Super Red asli dibandrol hingga jutaan rupiah. Arwana dihabitat aslinya telah menjadi binatang ikan langka, karena itu ia dilindungi, jadi jika anda ingin memelihara Arwana harus membeli kepenangkar atau gerai ikan hias resmi yang memiliki Ikan Hias Arwana bersertifikat asli.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel