11 JENIS KURA-KURA HIAS YANG DICARI UNTUK DIPELIHARA DI TAHUN 2018

Sabtu, 27 Oktober 2018

Aneka-Peliharaanhias---Kura-kura adalah hewan berkaki empat yang termasuk dalam golongan reptil. Kura-kura termasuk dalam ordo Testudinata atau Chelonians, hewan ini mempunyai ciri khas yang sangat mudah dikenali yaitu memiliki “rumah” atau batok (bony shell) yang kaku dan keras.

Kura-kura hias ini merupakan salah satu hewan reptil yang banyak digemari oleh para pecinta binatang untuk dijadikan koleksi hewan peliharaannya. Hal ini karena kura-kura hias merupakan hewan yang lucu dengan tempurung/batoknya yang indah dan bercorak.



Berikut ii beberapa jenis kura-kura hias yang sering dicari untuk dijadikan koleksi dan dipelihara oleh pecinta hewan peliharaan kura-kura.


1. African Spurred Tortoise

Kura-kura ini berasal dari benua Afrika. Jenis kura-kura ini memiliki banyak sekali peminat dan biasanya dijual saat ukuran masih kecil. Jenis ini saat dewasa memiliki panjang berkisar antara 60-90 cm.

2. Aldabra Tortoise

Kura-kura ini berasal dari Pulau Aldabra Atoll di Seycelles. Aldabra termasuk dalam tipe kura-kura terbesar dengan panjang bisa mencapai 1,2 meter dan beratnya bisa mencapai 25 kg.

Habitat aslinya adalah di semak belukar, rerumputan, dan kayu di hutan bakau. Ciri-ciri Aldabra adalah memiliki warna gelap, coraknya tidak mencolok lehernya bisa memanjang untuk mengambil makanan ditempat yang tinggi.

3. Alligator Snapping

Kura-kura memiliki bentuk desain yang seram. Tapi tidak hanya bentuknya saja yang menyeramkan, kura-kura ini juga suka menyerang dan menggigit.

4. Asian Forest Tortoise

Kura-kura jenis ini banyak ditemukan di wilayah Asia, khususnya Indonesia. Ciri-ciri kura-kura ini adalah memiliki tempurung berwarna hijau gelap.

Habitat aslinya adalah di semak belukar dan rerumputan, kura-kura ini tergolong mudah dalam perawatannya.

5. Cherry Head Tortoise

Kura-kura jenis ini banyak ditemukan di zona Brazil dan Paraguay. Jika dilihat sepintas, kura-kura ini terlihat seperti buah ceri sehingga mungkin karena itu disebut Chery Head.

Ciri khas kura-kura ini adalah memiliki corak orange atau merah dibagian kepalanya.

6. Cuora amboinensis

Cuora amboinensis adalah jenis kura-kura yang banyak ditemukan di negara Asia, khususnya India. Kura-kura ini pun banyak ditemukan di Indonesia. Kura-kura ini memiliki corak yang hitam polos.

7. Forsten’s Tortoise

Forsten’s Tortoise berasal dari Indoneisa dan banyak ditemukan di Sulawesi dan Halmahera. Meskipun berhabitat di Indonesia yang notabene beriklim tropis, namun kura-kura ini sangat suka berada di daerah yang lembab.

8. Indian Star Tortoise

Kura-kura jenis ini banyak ditemukan di Negara India, Srilanka, dan negara sekitarnya. Kura-kura ini dinamakan Indian star karena memiliki corak seperti bintang. Panjang kura-kura ini bisa mencapai 38 cm dan beratnya bisa mencapai 8 kg.

9. Leopard Tortoise

Kura-kura ini berasal dari Afrika dan Negara sekitarnya. Kura-kura ini memiliki corak seperti halnya leopard. Kura-kura ini tidak suka tempat yang lembab, karena mudah terserang penyakit.

Karena itu jika ingin memeliharanya, maka tempatkan ditempat yang kering dan hangat.

10. Radiated Tortoise

Kura-kura ini berasal dari Madagaskar dan tergolong jenis kura-kura dilindungi karena terancam punah. Hal ini disebabkan karena banyaknya perburuan secara besar-besaran.

Habitat kura-kura ini adalah di semak-semak dan rerumputan. Panjang kura-kura dewasa bisa mencapai 41 cm dan beratnya bisa mencapai 16 kg.

Kura-kura ini memiliki corak yang sangat mencolok,sehingga banyak pecinta kura-kura yang menyukainya

11. Trachemys scripta elegans


Kura-kura ini banyak sekali ditemukan di toko-toko hewan, karena peminatnya yang banyak, namun harganya cukup murah. Kura-kura ini memiliki motif dan warna yang bagus.

Demikian beberapa jenis kura-kura hias cantik yang dapat kamu pelihara di rumah. Semoga bermanfaat untuk yang senang kura-kura, terimakasih sudah berkunjung di blog ini.



07.49

0 komentar:

Posting Komentar