8 Cara Mudah Menanam Bunga Matahari Terlengkap Untuk Pemula, Dijamin Panen

Senin, 29 Juli 2019

Aneka-peliharaan-hias----Tanaman bunga matahari yang terkenal bunganya yang berwarna kuning dan indah, ternyata selain indah juga mempunyai manfaat sebagai tanaman hias budidaya. bunga matahari yang diyakini berasal dari Amerika pada 1.000 SM. Sejak itu, bunga matahari dibudidayakan oleh banyak orang dan menjadi sumber makanan yang baik. Kenyataannya memang dengan menanam bunga matahari selain menjadi tanaman hias yang memiliki daya tarik tersendiri, tentu saja tanaman yang satu ini memiliki peluang bisnis yang bisa mendapatkan keuntungan

Gambar Kebun Bunga Matahari/Foto:pixabay.com

Ditambah lagi dengan semakin besarnya potensi permintaan minyak bunga matahari dan snack kwaci yang sudah sering sahabat beli atau makan.

Baca juga : Fakta dan sejarah Tanaman Bunga Matahari di sini !

Menanam bunga matahari bisa menjadi peluang yang bisa dikembangkan untuk skala besar, Untuk anda yang ingin memulai bisnis budidaya bunga matahari, pastikan mengenali beberapa hal peluang bisnis yang mendatangkan hasil keuntungan yang bagus seperti berikut ini:

Peluang Bisnis Menanam Bunga Matahari

Budidaya bunga matahari dalam skala besar tentu akan mendatangkan keuntungan, salah satunya beberapa dari bunga matahari yang bisa dimanfaatkan untuk dipasarkan dan dijual.

Salah satunya yang sudah familiar adalah kwaci, biji bunga matahari ini memiliki harga jual yang terbilang bagus. Bahkan untuk olahan kwaci sendiri memiliki permintaan yang hampir ada setiap saat.

Kemudian minyak bunga matahari yang diperoleh dalam bunganya juga mendatangkan peluang. Sebab minyak bunga matahari ini bisa menjadi campuran bahan untuk pembuat kosmetik.

Selain itu, jika anda hanya ingin menjualnya sebagai tanaman hias. Tentu hal ini juga bisa, mengingat potensi permintaannya juga masih stabil dipasaran.

Untuk skala besar yang bisa mendatangkan keuntungan, tentu anda harus memperhatikan hal-hal penting dalam menanam bunga matahari

Berikut ini adalah tahapan yang akan memudahkan anda untuk menanam bunga matahari sampai perawatan yang tepat:


Cara Menanam Bunga Matahari Untuk Pemula

1.Syarat Menanam Bunga Matahari

Syarat tumbuh kembang tenaman yang tepat menjadi hal yang cukup penting untuk pertumbuhan tanaman bunga matahari.

Maka dari itu kit perlu mengetahui beberapa hal yang dapat menunjang pertumbuhan tanaman bunga matahari, diantaranya adalah hal-hal berikut:

Jenis Tanah dan pH

Umumnya jenis tanah yang digunakan untuk menanam bunga matahari adalah memiliki kualitas bagus dan subur. Maka dari itu untuk mendapatkan jenis tanah yang sesuai pastikan pH yang dibutuhkan berkisar 6,0 sampai 7,5

Kondisi Lingkungan

Untuk masa pertumbuhannya sendiri, tanaman bunga matahari sebaiknya ditanam pada tempat yang teduh. Sehingga tidak langsung berkontak dengan angin, yang bisa menyebabkan roboh.

Intensitas Cahaya

Untuk kebutuhan cahaya matahari, jika dulur menanamnya di lahan pastikan paparan sinar matahari tersebut cukup, agar dapat memaksimal pertumbuhan bunga matahari secara tepat.

Kebutuhan Air

Untuk kebutuhan air untuk tanaman bunga matahari, maka hal yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang bagus salah satunya kebutuhan air yang cukup dengan sistem drainase yang diatur sesuai.


2. Musim Tanam Bunga Matahari

Pengaruh musim saat menanam bunga matahari tentu menjadi salah satu alasan yang harus dulur penuhi untuk awal pertumbuhan bunga matahari yang akan ditanam.

Khususnya di Indonesia, yang dikenal dengan iklim tropis sangat bagus untuk pertumbuhan bunga matahari.

Hal ini juga mempengaruhi kondisi lingkungan yang tentunya harus sesuai, namun pada dasarnya bunga matahari dapat tumbuh di dataran rendah atau tinggi sehingga perawatannya tidak terlalu rumit.

Menanam bunga matahari yang tepat pada saat musim kemarau atau curah hujan tidak terlalu tinggi. Maka dulur pada musim kemarau tentu intensitas cahaya matahari cukup baik, untuk perkembangan bunga matahari.


3. Jenis Bunga Matahari yang Ditanam

Untuk memulai budidaya bunga matahari dalam jumlah besar, selain mempertimbangkan syarat tumbuh dan musim tanam yang sesuai. Dulur juga perlu mengetahui jenis Bungan yang sesuai dan mudah ditanam

Beberapa rekomendasi yang tepat dan sesuai untuk dulur nantinya, ada jenis bunga matahari yang memang cocok untuk budidaya skala besar untuk diambil kwaci atau minyaknya.

Untuk jenis tertentu sangat cocok untuk tanaman hias, bagi dulur yang ingin menjualnya untuk tanaman hias. Berikut jenis bunga matahari yang banyak ditanam di Indonesia antara lain:

  • Mamoth : memliki diameter saat mekar 30 cm
  • Autum beauty : memiliki kombinasi warna bunga orange, coklat dan merah, diameter saat mekar mencapai 15 cm, tinggi mencapai 2 meter.
  • Fiesta del sol : ciri khas berwarna mencolok merah, orange, tinggi tanaman bisa mencapai 1 meter
  • Big smile : tinggi tanaman hanya 30 cm, cocok pada lahan yang sempit
  • Sunbeam : memiliki tinggi tanaman 1 meter dengan diameter bunga saat mekar mencapai 10 cm.


4. Pemilihan Bibit Unggul Bunga Matahari

Untuk menanam bunga matahari, sebelumnya harus menentukan jenis yang akan di tanam kemudian pilih bibit yang berkualitas.

Bibit Unggul Bunga Matahari, memilih tanaman bunga matahari
Gambar Bunga Matahari/ Foto:pixabay.com

Memilih bibit yang bekualitas berkualitas akan berpengaruh terhadap bunga yang dihasilkan. Ciri-ciri indukan bunga matahari yang berkualitas sebagai berikut :

  • Tinggi batang sekitar 1-3 meter
  • Batang yang berkualitas berbentuk basah
  • Daun bunga matahari tunggal dan berbentuk hati
  • Bunga yang di hasilkan besar

Berikut ciri benih dari beberapa varietas :

  • Mammoth grey : benih berwarna putih, ukuran besar, memiliki corak garis hitam-coklat
  • Evening sun : benih memiliki variasi wana mulai dari putih sampai hitam
  • Velvet queen : benih memiliki ukuran yang lebih kecil.


5. Penyemaian Bibit Bunga Matahari Secara Tepat

Setelah memilih biji atau benih bunga matahari yang tepat dan sesuai, maka tahapan selanjutnya kia bisa melakukan penyemaian bibit atau biji bunga matahari yang sudah dipiliha dan siap semai.

Tujuan dari penyemaian bibit atau biji bunga matahari ini untuk mendapatkan pertumbuhan bibit bunga matahari yang seragam saat siap ditanam nantinya. Anda bisa menerapkan tahapan penyemaian seperti berikut:

  • Periksa suhu, bunga matahari biasanya untuk tumbuh besar dan menghasilkan biji baru memerlukan 80 – 120 hari tergantung varietas. Bunga matahari tumbuh bagus pada suhu 64 – 91°F atau 18–33°C.
  • Untuk benih atau biji bunga matahari yang dipilih sebelum disemai pastikan untuk direndam terlebih dahulu dengan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Hias dengan takaran dosis 1 gelas aqua untuk 10 liter air selama 6 jam
  • Setelah perendaman dengan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Hias, maka biji bunga matahari dikeringkan lalu taruh pada tissue
  • Melipat benih dalam tissue yang bertujuan untuk merangsang benih agar lebih baik saat di tanam karena tunas telah muncul. Basahi tissue jangan sampai terlalu basah.
  • Letakkan biji bunga matahari di tengah tissue kemudian lipat. Benih di tanam sampai muncul ke permukaan tanah membutuhkan 11 hari, bila di letakkan pada tissue biarkan 1 – 2 minggu kemudian di tanam.
  • Kemudian kita bisa memotong tepi kulit biji (jika perlu), jika dalam 2 – 3 hari tidak tumbuh maka potong tepi bijinya hati-hati jangan merusak benih bagian dalam kemudian di tetesi air agar lembab.

6. Persiapan Media Tanam Bunga Matahari

Tahapan selanjutnya yang bisa dilakukan setelah proses penyemaian, yaitu memulai persiapan media tanam. Jika dulur menanam bunga matahari dengan lahan yang cukup luas, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menunjang pertumbuhan tanaman bunga matahari.

Selain itu bisa juga dulur menanam bunga matahari pada pot atau polybag, berikut tahapan yang perlu dilakukan adalah:


A. Cara Pengolahan Lahan Tanam Secara Tepat

Pengolahan lahan yang sesuai dengan pengelolaan yang tepat agar cocok untuk tempat tumbuh kembangnya tanaman bunga matahari adalah hal yang sangat penting sekali. Berikut beberapa tahapan singkat cara pengelolaan lahan tersebut :

Media tanam untuk bunga matahari dapat kita buat dari kombinasi tanah dan kompos yang di campur dengan perbandingan 3:1.

Penggunaan kompos agar nutrisi pada kompos menyatu dengan tanah karena mengandung unsur hara makro dan mikro yang membuat tanah menjadi subur. Selain pemberian pupuk kompos dapat juga dilakukan pemberian pupuk kimia yang banyak ditemukan di toko pupuk dan tanaman dengan takaran dosis 150 kg/ha dengan cara ditebar secara merata ke sekitar lahan

Kombinasi selanjutnya anda bisa menggunakan Pupuk kimia seperti GDM Black Bos sebagai salah satu stimulant atau booster tanah yang akan memaksimalkan kualitas tanah. Dengan takaran dosis 5 kg/ha dengan 1 gelas air, untuk pengaplikasiannya dengan menyemprot pada tanah dalam kondisi tanah basah atau lembab'


B. Persiapan Media Tanam Dalam Pot atau Polybag

Selain menanam pada lahan atau kebun yang luas, kita juga bisa membudidayakan Bunga matahari dalam skala besar hanya dengan media pot.

Bunga matahari tidak membutuhkan persyaratan khusus tetapi di sarankan tanah yang gembur untuk memudahkan proses penyerapan air. Berikut tahapan menama bunga matahari dalam pot:

  • Penanaman benih ke media di lakukan dengan cara menancapkan bagian yang runcing kuaci ke media tanam jangan di benamkan semua sisakan bagian atas untuk tetap muncul permukaan.
  • Pembibitan bunga matahari dapat di semaikan pada polybag atau pot. Campuran pada polybag menggunakan tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1.
  • Untuk memaksimalkan pertumbuhan, dulur bisa memberikan GDM Granule SAME dengan takaran dosis 250 gram/pot dengan cara disebar secara merata kedalam pot
  • Kemudian dulur bisa mengkombinasikannya dengan GDM Black Bos  dengan takaran dosis 25 ml/pot dengan cara menyemprot secara merata kedalam tanah
  • Setelah itu di siram dengan air secukupnya dan tempatkan pada ruang yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Penyiraman di lakukan rutin agar tanaman lembab.


7. Cara Menanam Bibit Bunga Matahari

A. Lahan dan Jarak tanam Bibit bunga matahari

Berikut ini adalah tahapan pemindahan bibit bunga matahari ke dalam lahan;

  • Menanam bunga matahari lebih baik pada lahan terbuka karena akan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Bunga matahari membutuhkan sinar matahari 6 – 8 jam/hari.
  • Untuk menanam bunga matahari dengan kedalaman tanah 2,5 – 5 cm dengan jarak tanam 15 cm setiap tanaman agar tidak mengganggu tanaman lain.  Jika menanam sekumpulan besar bunga matahari berikan jarak 76 cm setiap lubang.
  • Lalu pindahkan bibit bunga matahari yang sudah semai secara perlahan kedalam lahan tanam, dengan membuka bibit bunga matahari secara perlahan dari media semai. Pastikan pada saat memindahkannya, bibit bunga matahari ikut tercabut semua akarnya
  • Kemudian setelah itu, bibit yang sudah ditanam dengan perlahan masukkan ke lubang tanam hingga akar tanam tidak nampak lagi ke permukaan. Tekan secara perlahan agar tanamana masuk dengan baik kedalam lubang


B. Menanam Bibit Bunga Matahari Kedalam Pot

Proses penanaman bibit bunga matahari yang sudah semai kedalam pot secara tepat, berikut tahapannya:

  • Pertama, kita bisa memindahkan bibit yang sudah semai kedalam pot dengan cara mencabut secara perlahan bibit yang sudah semai dari media semainya
  • Kemudian dulur bisa memindahkan secara perlahan bibit bunga matahari kedalam media pot yang sudah dulur siapkan tadi, gunakan alat centong tanah untuk memasukkan bibit bunga matahari secara perlahan kedalam media pot
  • Pastikan akarnya ikut terangkat dengan baik dan pastikan tidak ada yang rusak, setelah itu masukkan kedalam media pot dengan tepat secara perlahan agar bibit bunga matahari tidak rusak pada saat penanaman.
  • Letakan pot pada lahan atau tempat yang telah disediakan sesuai dengan syarat yang telah disebutkan di atas.


8. Cara Merawat Bunga Matahari

Pemeliharaaan menjadi salah satu bentuk perawatan yang tentu dapat menunjang hasil pertumbuhan bunga matahari. Maka dari itu, bunga matahari yang bisa menghasilkan kualitas bagus tentu harus sesuai juga Teknik perawatannya.

Berikut tahapan pemeliharaan bunga matahari secara tepat:

A. Teknik Perawatan tanaman Bunga Matahari

  • Jaga kelembapan tanah hingga tunas muncul. Siram dengan jarak 7,5 – 10 cm jauh dari tanaman karena tunas masih kecil dan mudah rapuh hanyut terbawa air.
  • Ketika tanaman sudah membentuk batang di siram seminggu sekali. Selalu pastikan tanaman tercukupi oleh sinar matahari.
  • Potong tanaman bunga yang di rasa mengganggu pertumbuhan bunga yang lain agar berkembang dengan maksimal dan rapi serta tidak saling merebut nutrisi.

B. Teknik Pemupukan tanaman Bunga Matahari

Berikut tahapan pemupukan bunga matahari yang bisa anda terapkan untuk bunga matahari:

  • Pemupukan pada bunga matahari usia 10 sampai 21 HST maka dulur harus memilih pupuk yang tepat, salah satunya untuk menunjang pertumbuhan bunga matahari secara maksimal.
  • Untuk pemberian pupuk di tujukan pada saat pemiliharaan. Jika di gunakan hanya untuk tanaman hias cukup dengan pemberian Pupuk Organik Cair Spesialis Tanaman Hias di sekitar tanaman.
  • Dengan dosis 8 liter/ha yaitu takaran 500 ml atau setara 2 gelas air yang disemprot secara merata disekitar tanaman bunga matahari didalam lahan terbuka
  • Untuk pengaplikasian pada tanaman bunga matahari yang ada di pot, maka dulur bisa memberikan Pupuk Organik Cair Spesialis Tanaman Hias dengan takaran dosis 5 ml/pot.
  • Setelah umur 30 HST, dulur harus memberikan GDM Black Bos dengan dosis 5 kg/ha dengan takaran penggunaan 1 gelas air mineral per tangki dengan cara disemprot secara merata ke sekitar tanaman bunga matahari
  • Untuk penggunaan pada tanaman Bungan matahari di pot, maka dosis yang digunakan untuk GDM Black Bos 25 ml/pot. Kemudian semprot pada sekitaran tanaman didalam pot
  • Setelah itu pemupukan terakhir yang menunjang kualitas tanaman, penggunaan GDM Granule SAME dengan dosis 150 kg/ha yaitu dengan menyebarkan secara merata kesekitar area perakaran tanaman
  • Untuk pemupukan didalam pot, maka cukup aplikasikan GDM Granule SAME  sebanyak 250 gram/pot dengan cara pengaplikasian yang ditebar secara merata didalam pot.


C. Teknik Pengendalian Hama atau Penyakit

Untuk hama atau penggangu yang sering menyerang pada tanaman bunga matahari yakni burung, siput ataupun serangga lainnya yang sering memakan biji dan bunga matahari.

Cara untuk mencegahnya dengan memberi umpan terutama untuk siput agar tidak merusak tanaman. Jika tanaman sudah mencapai tinggi 1 meter lebih baik untuk segera memasang pagar di sekitar tanaman.

Namun anda tidak perlu bingung, serangan hama dan penyakit bisa diminimalisir dengan penggunaan pupuk yang tepat. Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai pemupukan secara tepat untuk tanaman Bungan matahari dilahan besar maupun dalam pot

Fungsi penggunaan pupuk organik tidak hanya menutrisi pertumbuhan tanaman bunga matahari saja tapi juga memperbaiki kualitas tanah atau lahan yang ditanami.


Cara Panen Bunga Matahari

Waktu panen adalah waktu yang di tunggu-tunggu, berikut tahapan memanen bunga matahari dan ciri-ciri Bungan matahari siap panen:

  • Bunga matahari akan bertahan 30 – 45 hari dengan ciri bagian belakang kepala bunga matahari berubah warna dari hijau menjadi coklat.
  • Jika ingin di keringkan tutupi bunga dengan kantung kertas untuk melindungi dari burung. Potong bunga dengan sedikit miring.
  • Kemudian gantung kelopak bunga selama berminggu – minggu dan bijinya sudah dapat di ambil cukup di sodok dengan kayu atau dengan jari biji akan rontok dengan mudah.
Budidaya Tanaman Bunga Matahari, perkebunan bunga matahari, panen bunga Matahari
Gambar Bunga Matahari siap panen/ Foto: pixabay.com

Rasanya memang cukup mudah melakukan budidaya tanaman  bunga matahari, tinggal usaha dan kerja maksimal yang kita lakukan, dan pastinya dengan mengikuti petunjuk perawatan yang tepat dan satu lagi yang tidak boleh anda dilupakan yaitu kualitas pemupukan menjadi salah satu faktor penentu utama untuk menghasilkan pertumbuhan tanaman bunga matahari tumbuh maksimal.

Demikian cara mudah menanam dan merawat bunga matahari sebagai salah satu peluang bisnis unsaha yang cukup menjanjikan ini. Semoga bermanfaat, terimakasih sudah singgah dan berkunjung di blog aneka peliharaan hias ini, semoga sukses selalu.



06.01

0 komentar:

Posting Komentar