INILAH ALASAN MENGAPA MEMELIHARA IKAN KOI MEMBAWA KEBERUNTUNGAN

Selasa, 28 Januari 2020

Aneka-Peliharaanhias---Banyak orang yang meyakini bahwa memelihara ikan hias itu membawa beberapa keuntungan dan keberuntungan. Terlepas dari anda percaya atau tidak, menganggap sesuatu itu mitos atau suatu yang terjadi secara nyata, banyak yang sudah meyakini bahwa ikan hias terutama ikan Koi dianggap telah memberikan manfaat yang besar bagi pemiliknya. Bahkan tidak jarak hobbis yang telah lama dengan susah payah memeliharanya mendapatkan keberuntungan baik dari segi nasib maupun secara finansial dari segi keuntungan ekonomis dari nilai jual ikan yang tinggi. Ikan koi memang dipercaya membawa hoky dan keberuntungan bagi mereka yang memelihara di kolam-kolamnya. 
  1. Dua hal yang membawa keberuntungan ketika memelihara ikan Koi, yakni penempatan kolam berisi air dan corak warna tubuh ikan Koi diyakini membawa keberuntungan “hoki” kepada si pemilik, penghuni rumah / kantor, atau pun dimana kolam ikan koi ini ditempatkan
  2. Kolam ikan yang dibangun sebaiknya disesuaikan menurut aturan fengshui.  Sebainya kedalaman kolam digali  melebihi permukaan kolam yang berada diatas permukaan tanah
  3. Jumlah ikan Koi yang dipelihara dalam kolam berjumlah delapan sampai sembilan ekor. Dimana mengandung unsur-unsur melambangkan seperti; Delapan diartikan kaya ( kemakmuran ), sedangkan Sembilan mengandung arti forever ( selamanya)
  4. Unsur Air meningkatkan Chi atau energi positif dalam gedung yang ditempati, serta melambangkan sumber kehidupan selalu dibutuhkan oleh manusia dan mahluk hidup lain
  5. Posisi terbaik penempatan kolam Koi berada pada kutub Barat Daya, yakni 232,5° – 247,5° dan kutub Barat, yakni 247,5° – 262,5°. Posisi kutub Barat Laut dan Barat mengaktifkan kutub Logam atau Emas.


1. Legenda koi si pembawa keberuntungan.

Bagi yang percaya dengan feng shui, pasti mengerti tentang khasiat ikan koi bagi keberuntungan rumah. Kenapa sih ikan koi dibilang si pembawa hoki? Tahukah kamu legendanya? Begini ceritanya :

Dahulu kala sekelompok ikan koi berenang bersama-sama melewati sungai. Apapun rintangan dan kesulitan, mereka lalui bersama-sama. Kebersamaan membuat mereka memiliki kekuatan untuk melawan arus. Ketika mereka mencapai air terjun di ujung sungai, melihat derasnya air terjun tersebut kebanyakan dari mereka pun mulai menyerah. Walau begitu, koi lainnya tidak menyerah begitu saja. Mereka terus berusaha melompat-lompat untuk mencapai puncak air terjun. Tak tahu bahwa iblis sedang mempermainkan mereka dengan menambah kekuatan arus air terjun tersebut. Para ikan koi pun  tak mau menyerah terus berusaha melompat-lompat selama 100 tahun lamanya. Pada akhirnya satu ikan koi berhasil menapai puncak air terjun. Para dewa yang mengakui tekad dan usaha ikan koi tersebut, mengubahnya menjadi seekor naga emas yang melambangkan kekuasaan dan ketekunan.

Legenda ini yang membuat ikan koi dipercayai dengan hal-hal positif. Ketekunan dan usaha yang keras menjadikan ikan koi sebagai lambang hoki. Cerita diatas pun dipercaya oleh Jepang sebagai lambang untuk para samurai mereka terdahulu lho.


2. Apakah warna ikan koi melambangkan sesuatu?


Dalam meyakini keberuntungan memelihara ikan koi, tidak jarang para hobbis melihat jenis dan warna ikan yang sesuai dengan tujuan mereka. Bahkan warna ikan koi pun memiliki lambangnya masing-masing lho. Setiap warna ini dilambangkan sebagai doa para pemiliknya untuk mencapai kesuksesan.  Berikut ini lambang atau arti dari warna-warna jenis ikan Koi : 

a. Ikan koi emas :  Melambangkan kejayaan dan kekayaan dalam usaha.

b. Ikan koi hitam : Melambangkan sukses setelah memulai perubahan.

c. Ikan koi merah : Melambangkan sukses dalam percintaan.

d. Ikan koi perak : Melambangkan sukses dalam usaha.

e. Ikan koi putih : Melambangkan kunggulan dalam karir maupun keluarga.


3. Ikan koi hewan terbaik untuk dipelihara?

Tidak disangkal lagi, kalau ikan koi adalah peliharaan ikan hias yang paling asik dan menyenangkan. Kalau yang satu ini, memang fakta ikan koi. Ikan koi sangat jinak dengan manusia. Mereka senang berinteraksi apalagi jika saat itu kamu sedang memberinya makan. Merawatnya pun sangat mudah. Kamu bahkan ngak perlu takut kolam mu mudah kotor. Dengan sistem filterisasi sederhanapun kolam akan terpelihara dan selalu bersih. Ikan koi terkenal sangat menjaga kebersihannya lho. Kamu cukup membersihkannya sebulan sekali. Peliharaan yang lucu, jinak dan tidak membutuhkan banyak uang untuk merawatnya, siapa lagi kalau bukan ikan koi iya kan?


4. Benarkah Ikan dengan umur sangat panjang?

Berbeda dengan hewan-hewan yang diperlihara seperti kucing, anjing, kelinci dan lain-lainnya yang hanya bertahan sekitar 10-15 tahun lamanya. Rata-rata ikan koi bisa bertahan hidup hingga 50 tahun. Bahkan ada ikan koi yang berumur 100 tahu dan 200 tahu lho! Makanya ngak heran, ikan koi bisa dikatakan sebagai hewan pendamping hidup terbaik manusia. Tentu saja karena usianya bahkan bisa melebihi kita. 

Di Jepang, ditemukan ikan koi berumur 215 tahun milik sorang dokter bernama Komei. Ikan koi ini dinamakan Hanako. Hanako ini memiliki warna merah dengan panjang 70 cm dan berat 7,5 kg. Komei juga bercerita Hanako bahkan sudah ada sejak dia lahir dan sudah bersama keluarga nya selama 4 generasi. Luar biasa. Asal kita bisa merawat ikan koi dengan baik, hidup ikan koi pasti bisa bertahan cukup lama. Siapa tahu? Ikan koi mu bisa bertahan lama seperti Hanako. Iya gak?


5. Ikan koi membantu mendekatkan dirimu pada alam?

Ntah kamu percaya atau tidak, ikan koi dipercayai dapat membantu mendekatkan pemiliknya dengan alam lho. Katanya, alam sangat mencintai ikan koi. Maka jika kamu memilihara ikan di dalam sebuah kolam, kolam itu bagaikan “ajakanmu” bagi makhluk hidup lainnya seperti tumbuh-tumbuhan, bunga, burung, dan lain-lainnnya. Kamu pun akan secara tidak sengaja membangun sebuah ruang untuk bertemen dengan alam sekitar. Lagipula membangun kolam juga mempercantik teras dan menambah nilai indah rumahmu bukan?


Nah itulah pernyataan singkat tentang ikan koi. Anda percayai atau tidak, tapi sudah banyak orang yang mengakui memang ikan ini membawa keberuntungan dan kesuksesan bagi yang memeliharanya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan artikel ini. 



07.13

0 komentar:

Posting Komentar