MANFFAAT DAN KHASIAT MENANAM LEMON (CITRUS LIMON)

Senin, 28 Agustus 2017

Aneka-Peliharaanhias----Menanam buah lemon dipekarangan tentunya dapat memberikan nilai tambah tersendiri, baik tanaman lemon dibuat untuk penghias keindahan taman dan halaman juga bermanfaat untuk konsumsi sehari-hari. Buah jeruk lemon atau citrus limon demikian orang banyak mengenalnya, adalah sejenis jeruk yang berkhasiat yang dikenal juga dengan sebutan sitrun, jeruk sitrun (dari bahasa Belanda), citroen, buahnya berbentuk bulat lonjong, ada tonjolan pada ujungnya, warna kulit buah matang kuning cerah, rasanya asam, sepet, sedikit manis.


Berikut admint akan mengulas sedikit tentang manfaat dan ciri-ciri umum dari buah lemon yang dapat kita tanam sendiri di halaman ataupun dipekarangan ini.

Lemon lebih populer dalam industri kuliner karena memiliki aroma citrus yang segar dan bagian yang digunakan air perasan dan kulitnya. Beberapa fungsi lemon dalam kuliner, yaitu sebagai penambah citarasa, menghilangkan aroma amis pada ikan dan seafood, memberi aroma segar pada soto. Kulit lemon dapat digunakan sebagai garnish makanan dan minuman, kue, cake, dan lainya.

Klasifikasi ilmiah dari buah lemon, adalah sebagai berikut  :

Divisio     :   Plantae
Ordo       :   Sapindales
Famili      :   Rutaceae
Genus     :   Citrus
Spesies   :   Citrus limon  


Lemon memiliki sekitar 20 varietas atau jenis. Namun di pasar Indonesia hanya ada jenis lemon tertentu, pada umumnya jenis Eureka dan Meyer. Beberapa jenis lemon yang ditemukan, antara lain :

1. Eureka lemon: Sama dengan lemon pada umumnya, memiliki rasa asam, sepet, kulitnya kasar, terdapat biji, ada tonjolan di ujungnya.

2. Lisbon lemon: Rasanya sama dengan eureka lemon, namun kulitnya halus, tanpa biji, tidak ada tonjolan pada ujungnya.

3. Meyer lemon (Citrus x Meyeri): Lemon ini banyak dijumpai di pasar dan restoran, memiliki flavor manis dan lebih aromatik.


Perbedaan Lemon dengan Jeruk Nipis

Lemon dan jeruk nipis memang sama-sama jeruk asam namun dapat dibedakan dari warnanya, yaitu lemon berwarna kuning cerah, sedangkan jeruk nipis berwarna hijau. Jeruk nipis memang lebih mudah ditemukan di Indonesia, sedangkan lemon masih jarang dan harga sedikit lebih mahal karena sebagian besar masih impor. 


Manfaat Buah Lemon Segar

Buah jeruk lemon atau citrus limon sangat bermanfaat untuk kecantikan, kesehatan, dan sebagai pemberi citarasa dan flavor pada makanan.


Khasiat lemon bagi kecantikan:

- Memutihkan gigi
- Menjaga kesetan Mulut
- Menguatkan dan membuat kuku lebih lebih putih
- Mengatasi malasah kulit wajah seperti flek hitam, pori-pori besar, dan keriput pada kulit
- Melembabkan kulit yang kering
- Menurunkan berat badan
- Membuat rambut berkilau
- Menghilangkan ketombe.

Khasiat Lemon Bagi kesehatan

- Memperbaiki sistem pencernaan agar dapat menyerap zat gizi dengan baik
- Menyeimbangkan pH tubuh
- Menyerap dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui urin (detoksifikasi)
- Menurunkan kolesterol dan menyeimbangkan kadar gula darah, menurunkunkan resiko penyakit jantung dan diabetes
- Mencegah penyakit batu ginjal dan menjaga kesehatan hati
- Menghilangkan stress 
- Mencegah kanker
- Meningkatkan kekebalan tubuh.


Keutamaan kandungan Gizi Buah Lemon

Vitamin C

Vitamin C pada 100 gram buah lemon sekitar 50 mg. Kadar vitamin C yang sangat tinggi ini tidak mudah rusak karena memiliki pH yang cukup asam, yaitu 2-3. Dengan mengonsumsi 1,5-3 buah lemon dapat memenuhi RDA vitamin C untuk orang dewasa (wanita 75 mg/hari, pria 90 mg/hari).


Asam sitrat

Lemon mengandung 5% asam sitrat (sekitar 0,3 ml per liter) yang berfungsi menstimulasi produksi enzim hati dan menyerap racun dalam sirkulasi darah (detoks) yang dibuang melalui urin.


Kalium

Kalium merupakan salah satu mineral penting untuk otak, mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Lemon mengandung tinggi kalium, yaitu 140 mg dalam 100 gram buah. Kandungan kalium yang sangat tinggi ini mampu menyembuhkan biliousness atau gejala gangguna hati.


Limonene

Kulit lemon memiliki kelenjar yang memproduksi minyak esensial (citri aetheroleum) yang memberi aroma citrus dan rasa lemon yang juga dibangun dengan d-lemonen. Lemon mengandung 68% d-limonen yang dipelajari dapat mencegah kanker karena merupakan antioksidan yang baik. Berdasarkan penelitian di Mediterania yang sebagian besar penduduknya mengonsumsi minuman lemonade terbuat dari semua bagian lemon termasuk kulit yang banyak mengandung d-lemonen, memiliki risiko lebih rendah terhadap obesitas dan kanker.


Quersetin

Lemon mengandung flavonoid, yaitu quersetin yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Flavonoid ini berfungsi juga sebagai antivirus, antikanker, dan antialergenik. Selain itu quersetin ini meningkatkan kekebalan tubuh, memproduksi hormon insulin sehingga menyeimbangkan kadar gula darah.

Tak hanya itu, lemon juga mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin B komplek, Vitamin E, kalsium, fosfor, besi, natrium, magnesium, mangan, zink, beta karoten, serat, dan zat gizi mikro lainnya yang berguna bagi kesehatan.


Diet Detoks Lemon

Diet detoks lemon tak hanya untuk menurunkan berat badan namun juga untuk menghilangkan racun dan tubuh (detoksifikasi). Dengan rutin mengkonsumsi minuman detoks lemon dan asupan menu harian yang teratur,  Sudah banyak membuktikan dapat menurunkan berat badan dan menetralkan racun dalam tubuh.

Manfaat detoksifikasi adalah racun yang mengendap dalam tubuh akan keluar sehingga kelenjar dan sel tubuh bersih, menghilangkan kotoran dan bahan mengeras pada sendi dan otot, meredakan tekanan dan iritasi pada saraf, arteri, dan pembuluh darah. Lemon mengandung asam sitrat, antioksidan, flavonoid yang mampu menyerap racun dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui urin.

Resep minuman detoks lemon yang original dibuat oleh Stanley Burrough dalam bukunya the Master Cleaser, yaitu terdiri atas lemon, sirup maple, cayenne pepper (bubuk jahe), dan air. Bubuk jahe memberi rasa hangat pedas karena mengandung senyawa gigerol dan zat capsaicin yang mampu mengatur kadar gula darah dengan cara mempengaruhi pemecahan karbohidrat. Sirup maple memberi rasa manis namun rendah kalori, mengandung zink dan magnesium untuk meningkatkan selera makan dan mempercepat pembakaran lemak.



20.17

0 komentar:

Posting Komentar