INILAH JENIS IKAN CUPANG BETTA YANG LAMA DAN TERBARU

Senin, 28 Januari 2019

Aneka-Peliharaanhias----Jika kita lihat di masyarakat, banyak bermacam-macam jenis ikan hias, salah satunya adalah Ikan Hias Cupang atau bahasa Inggrisnya "Betta Fish". Ikan cupang sangat digemari oleh masyarakat khususnya indonesia, sebagai ikan peliharaan (hias) ataupun sebagai ikan aduan (petarung).

Ikan cupang merupakan ikan yang mempunyai habitat di air tawar yang yang tersebar di beberapa negara  asia tenggara. Negara-negara tersebut seperti Malaysia, Indonesia, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam dan Singapura.


Ikan Cupang tergolong agresif dalam mempertahankan wilayahnya sehingga cocok sebagai ikan aduan. Selain itu ikan cupang juga cocok untuk dijadikan ikan peliharaan karena mempunyai karakter atau bentuk yang unik dan khas yang sangat menarik tentunya.

Ikan cupang  dengan nama ilmiah Betta jenis petarung siam bisa hidup sampai berumur antara 3 sampai dengan 5 tahun dengan panjang 7 cm. Dengan masa produksi telur maksimal 10 sampai 40. Ikan cupang jenis ini biasa hidup di danau atau rawa, dan juga di air tawar yang menggenang

Klasifikasi Ilmiah

Betta splendens selain sebagai cupang hias,betta splendes merupakan jenis adu terutama jenis yang lama. menurut catatan ikan ini telah dibudidayakan sejak tahun 1970.Ikan ini memiliki daya tahan yang kuat namun tidak ditopang dengan gigi tajam dan sisik yang kuat.Pada tutup ingsangnya terdapat 2 garis vertikal berwarna merah.sosok cupang ini bisa dibilang kecil dengan warna tubuh cenderung gelap.warnannya perpaduan antara merah tua dan biru tua serta tidak ada totol di tubuhnya.gerakan tubuhnya cendrung agresif dan terlebih dahulu menyerang ketika bertarung 

Menurut FishBase telah ditemukan 73 spesies ikan cupang. Klasifikasi ini bertujuan untuk konservasi dan juga kemudahan budidaya dan penyilangan/breeding, Ikan cupang termasuk dalam famili Osphronemidae dan genus Betta, yang dikenal sebagai spesies dengan nama  Betta sp.


Pengelompokan spesies-spesies tesebut didasarkan pada kompleks-kompleks. Sampai saat ini Splendens complex adalah komplex Ikan cupang yang terpopuler. Biasanya penyilangan dilakukan dalam satu kompleks, artinya spesies-spesies pada satu kompleks dipersilangkan untuk memperoleh spesies baru.

Ada lima spesies yang termasuk Splendens Complex antara lain :
  1. Betta stiktos
  2. Betta mahachai
  3. Betta smaragdina
  4. Betta imbellis
  5. Betta splendens


Ikan cupang yang sering kita jumpai di pasaran adalah spesies Betta splendens atau sering disebut Siamese Fighting-Fish (Ikan Petarung Siam).

Jenis ikan-ikan cupang yang banyak diminati merupakan hasil persilangan dari spesies Betta splendens karena hasil penyilangannya mempunyai karakteristik yang menarik dan khas.

Penggemar ikan cupang cukup pesat di indonesia dan sering menggelar acara, termasuk acara kontes ikan cupang baik hias maupun aduan. Dari acara tersebut, banyak muncul jenis-jenis ikan cupang di seluruh wilayah indonesia.


Jenis-Jenis Ikan Cupang

Lebih lanjut, jenis-jenis ikan cupang atau Betta Fish sebagai berikut :

1 Halfmoon


Penyebutan setengah bulan (Halfmooon) pada jenis ikan ini dapat kita lihat dari samping yang mana ikan jenis ini memang mempunyai ekor yang berbentuk setengah lingkaran.

Karakteristik inilah yang membuat ikan cupang jenis ini terlihat indah dan menarik yang sangat cocok dipelihara sebagai ikan hias.

Apalagi warna tubuh yang merah menyala, ada juga yang kuning menyala dan warna lain yang khas, membuat daya tarik tersendiri untuk dipelihara menjadi ikan hias 

2 Crown Tail


Ikan cupang ini merupakan asli berasal dari indonesia, mengapa demikiana?. Karena ikan ini dikembangbiakkan oleh breeder-breeder indonesia di daerah jakarta tepatnya di daerah Slipi. Mengapa nama ikan tersebut Crown Tail atau serit?, karena ekor pada ikan ini menyerupai mahkota.

Ini dapat kita lihat saat kita membalik ekor dan menghadapkannya ke arah atas, sehingga terlihat sekali bentuk ekor yang menyerupai mahkota.

Ikan cupang jenis ini banyak sekali dan yang membedakan antara satu dengan yang lainnya adalah jumlah seritnya. Ada yang hanya punya serit tunggal dan ada yang punya serit ganda. 

Ikan cupang Crown Tail sudah diakui oleh dunia dan sudah ikut beberapa pertandingan ikan cupang internasioanl.


3 Plakat


Ikan cupang jenis ini banyak kita temukan di daerah asalnya yaitu Thailand, sesuai dengan namanya plakat yang berarti “petarung” sangat cocok dijadikan ikan aduan.

Bahkan ikan ini sering di juluki ikan yang “kekar sangar”. Pengambilan nama plakat sendiri diambil dari bahasa Thailand.

Julukan ikan “kekar”  sangat cocok disematkan pada ikan ini, karena sirip dan ekor ikan ini pendek tidak menjumbai seperti pada jenis Crown Tail dan juga Halfmoon.

Julukan “sangar” karena memang gerakan ikan ini tidak terlihat indah/anggun, bahkan lebih terkesan lebih sangar.


4 Double Tail


Ikan cupang jenis ini mempunyai karakter khas yaitu mempunyai ekor yang terbelah dua, sehingga disebut Double Tail atau Cagak.

Ikan cupang jenis Double Tail sangat sulit dijumpai. Sehingga mempunyai nilai jual yang cukup mahal dan memang ikan cupang jenis ini sangat indah dan cantik.

Dalam perkembangannya telah ditemukan juga ikan cupang jenis Halfmooon Double Tail, mungkin hasil silangan antara jenis cupang Halfmooon dengan cupang Double Tail.


5 Giant

Ikan cupang jenis ini mempunyai ukuran yang lebih besar dari pada ikan cupang yang lain, sehingga di sebut Giant atau raksasa. Bahkan ukuran terbesarnya bisa mencapai 12 cm. Ikan cupang ini berhasil dikembangkan oleh breeder yang berasal dari Thailand.


Pengembangan ikan cupang jenis ini dilakukan dengan menyilangkan ikan cupang jenis plakat dengan jenis lainnya. Dari hasil penyilangan tersebut, dihasilkan banyak ikan cupang jenis giant, salah satunya Halfmoon Giant.


6. Cupang Big Ear (Telinga Gajah)


Seperti halnya Double Tail, ikan cupang Big Ear juga masih jarang kita jumpai di pasaran. Ikan cupang jenis Big Ear ini tergolong sangat unik, di tandai dengan sirip pada bagian insang yang terlihat begitu besar. Ada jenis cupang Big Ear yang beredar dipasaran seperti CUPANG KIPAS BIG EAR LAVENDER yang panjang ikannya antara 3 - 4 cm.

7.  Cupang Dumbo Ear


Dumbo ear adalah hasil mutasi dari ikan cupang big ear yang dikawinkan dengan sesama ikan cupang big ear. Hasil peranakan dari kawin sesama big ear akan menghasilkan anakan yang memiliki kuping yang lebih besar dari indukan, semakin sering ikan cupang big ear dikawinkan dengan sesama big ear maka kuping atau sirip anakannya akan semakin besar. Lalu anakannya dikawinkan lagi, lagi dan lagi sehingga jadi lah sekarang ikan cupang yang dinamakan dumbo ear.


8. Cupang Pancy


Beberapa varian jenis cupang Pancy yang beredar di kalangan hobbis dan penangkaran ada beberapa nama yang ditemukan seperti :
- Cupang Fancy cooper ( FCCP ) clean body strtail
- Cupang-pancy-blue rime
- Pk fancy yellow banana vs pk fancy koi yellow banana fancy yellow banana
- Fancy koi yellow banana

8. Cupang Nemo (clown fish)


Nama branding nemo diambil berdasarkan corak dan warna ikan cupang yang menyerupai nemo, ada warna kuning, merah, hitam dan lainnya. Nemo merupakan hasil riset perkawinan silang antara warna dasar atau warna primer yang dilakukan oleh para pembudidaya di Thailand. Riset yang dilakukan bekerja sama dengan pemerintah Thailand. Di awal 2017, ikan ini mulai masuk ke Indonesia melalui para hobiis dalam negeri. Kemudian mulai dibudidayakan dan disebar ke pasaran lokal mulai pertengahan 2017

Dipasaran ada kita temukan beberapa jenis nama ikan cupang Nemo ini antara lain:
- Cupang-Nemo-candy
- Cupang-Nemo-Emerald
- Cupang-nemo leopard.

Baca juga Mengenal asal muasal ikan cupang Nemo (clown fish) di sini !!

Di Indonesia sendiri, telah banyak dilakukan usaha-usaha dalam rangka mengembangkan ikan cupang dengan cara penyilangan. Pembenihan-pembenihan sudah banyak digalakkan, harapannya akan menghasilkan jenis-jenis ikan cupang baru yang tidak kalah menariknya dengan ikan cupang yang berasal dari negara-negara lain.

Demikian jenis-jenis ikan hias cupang atau Betta fish terbaru tahun ini, yang berhasil Aneka peliharaan hias himpun, semoga bermanfaat.



08.33

0 komentar:

Posting Komentar