CARA MEMBUAT RAGAM JENIS BUNGA EUPHORBIA CANTIK DAN INDAH

Minggu, 28 Januari 2018

Aneka-Peliharaan Hias----Membuat Ragam Jenis Bunga Euphorbia yang Indah. Tanaman dari family Euphorbiaceae ini memiliki batang berduri. Jaringan xylemnya mengeluarkan eksudat putih disebut dengan getah susu (milky sap). Daun tanaman Euphorbia kebanyakan berbentuk oval dengan ukuran bervariasi menurut hibrida dan kultivar. Bunganya kecil berwarna kuning dengan cyathia bewarna warni sebagai hasil dari hibridasi.

Umumnya tanaman ini memiliki bunga sejati yang sempurna dengan organ seksual jantan dan betina yang lengkap. Namun, ada juga yang memilki bunga yang tidak sempurna yang tidak memiliki organ seksual dan bersifat steril, sehingga tidak dapat digunakan untuk perbanyakan generatif. Beberapa kultivar memiliki bunga yang keseluruhannya merupakan bunga yang tidak sempurna. Adapula tanaman yang sebagian bunganya merupakan bunga sempurna dan beberapa kondisi tumbuh bunga yang tidak sempurna. Perakaran Euphorbia merupakan akar serabut dangkal yang tumbuh menyebar.

Bunga Euphorbia/ Foto:pixabay.com

Tanaman hias Euphorbia mempunyai beraneka jenis bunga yang cantik. Warnanya pun bermacam-macam, juga dengan kombinasi garis dan bintik pada kelopak bunganya. Dengan keterampilan dan kesabaram lebih, keindahan bunga ini dapat dihadirkan tidak hanya satu pada satu tanaman, tetapi bisa dua, tiga hingga sembilan jenis dalam satu tanaman utama.

Kesan meriah akan terasa saat menikmati satu tanaman euphorbia yang mempunyai satu tanaman euphorbia yang mempunyai lebih dari satu jenis bunga di dalamnya. Pemilihan warna tanaman perlu diperhatikan agar kesan harmonis dapat dirasakan. Membuat Jenis Bunga Euphorbia Cantik-Unik-indah.

Bunga Euphorbia Milii Foto:pixabay.com


Langkah-langkah Membuat Ragam Jenis Bunga Euphorbia Cantik dan Indah
  1. Pangkas cabang sekitar 5-10 cm dari pangkal. Nantibta pada bagian ini disambung dengan batang lain.
  2. Bila menginginkan semua disambung, cabang dapat digunduli.
  3. Buat potongan berbentuk huruf ”V” pada cabang yang dipangkas. Gunakan pisau yang tajam, pipih, dan bersih.
  4. Potongan berbentuk ”V” harus sempurna. Nantinya pada bagian ini menjadiu tempat melekatnya batang atas.
  5. Potong bagian atas berbentuk lancip. Lalu sisipkan ke potongan cabang yang dipangkas. Keduanya harus melekat erat.
  6. Ikat keduanya dengan tali pelastik. Ikatan sebaiknya dimulai dari bawah ke atas.
  7. Umumnya tingginya harga dilihat dari bentukan tanaman keseluruhan dan warna nya yang cerah dan sehat. Untuk mendapatkan bentukan seperti itu diperlukan pemeliharaan yang tepat dan intensif untuk pertumbuhan tanaman yang ideal.


Selain itu, peletakkan yang tepat dapat memacu pertumbuhan tanaman dan menurunkan tingkat serangan hama dan penyakit tanaman.

Salah satucara untuk mengatur daun tanaman tumbuh me-roset cantik, perlu dilakukan pemutaran letak tanaman terhadap sumber cahaya. Karena sifat tanaman yang mengejar sumber cahay, arah pertumbuhan daun baru dapat di atur seperti yang diinginkan.

Euphorbia merupakan jenis tanaman hias yang dapat di percantik dengan pemberian tempat (pot) yang baik sehingga tanaman dapat tumbuh dengan leluasa.

Bentuknya pun bermacam-macam ada yang tinggi dan ada yang melebar. Pemilihan bentuk pot dapat disiasati dengan bentuk daunnya. Jika berdaun bulat, akan lebih cantik jika menggunakan pot yang tinggi, jika daun agak lonjong, dapat digunakan tempat yang lebih lebar.

Dapat pula di padukan dengan jenis pot yang cantik dan sesuai dengan karakter tanamannya. Jenis potnya dapat bermacam-macam, ada yang berupa pot keramik polos, pot keramik cina, potyang terbuat dari seng, pot dari semen dan lainnya.

Manfaatkan permainan warna pot, mulai dari membuat kesan alami dengan warna cokelat muda atau tua, hingga warna-warna yang berkesan hangat lainnya seperti biru dan kuning.

Letakkan Euphorbia diteras rumah. Usahakan sementara tidak terlampau kena sinar matahari langsung. Intensitas cahayanya sekitar 35-40% sudah cukup untuk tumbuh subur. Jangan lupa selalu menyiramnya minimal 2 hari sekali.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, paling praktis taburkan pupuk jenis slow release ke atas permukaan media tanam.


Bonus :

Buat Daun Variegata

Daun variegata menjadi koleksi yang membanggakan. Belang hijau putihnya tampil memikat. Semakin putih, kadang penilaiannya semakin tinggi. Harganya pun bisa berlipat dibandingkan dengan yang normal. Pantas, untuk mendapatkan tanaman mutasi secara alami sulit. Dari sekian banyak bibit, satu tanaman mutasi sudah bagus.

Tanaman ”bule” ini ternyata bisa dibuat dengan sedikit perlakuan. Penambahan giberlin membuat daun menjadi ”bule”.

Ada cara lain yang dapat membuat variegata permanen. Caranya dengan menyemprotkan larutan Colchine dosis tinggi. Agar peluang menjadi lebih besar , maka tambahkan hormon auksin dan sitoksin dengan dosis seimbang.

Untuk membantu proses pembelahan sel ditambahkan Myainasital dan vitamin B1. Supaya tumbuh tunas ditambahkan Mn dan Mg. Semua komponen tersebut diramu menjadi satu, lalu semprotkan ke bagian pangkal akar atau batang. Lebih baik pemberiannya ketika masa pertumbuhan tunas. Dosisnya sekitar 1-2 tetes saja selama 1-7 hari.



02.59

0 komentar:

Posting Komentar