CARA MUDAH, MURAH DAN PRAKTIS MENANAM KAKTUS HIAS

Minggu, 28 Januari 2018

Aneka-Peliharaanhias-----Kaktus sebagai salah satu tanaman hias unik yang banyak memiliki ragam jenisnya, ada jenis kaktus mini yang memiliki bentuk yang lucu dan unik, sangat pas untuk dijadikan tanaman hias yang sangat banyak diminati para penghobi tanaman hias ini.

Kaktus adalah nama bagi tanaman hias ini yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Kaktut termasuk tanaman tahan banting, karena dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering. 
Kata jamak untuk kaktus adalah kakti. 
Nama ilmiah: Cactaceae
Famili: Cactaceae; Juss.
Kingdom: Plantae
Tingkatan takson: Famili
Klasifikasi lebih tinggi: Caryophyllales
Divisi: Magnoliophyta







Tanaman kaktus (famili cactaceae) ini mampu hidup lama eksis di lingkungan yang panas dengan tanah kering dan minim air. Habitat asli tanaman kaktus adalah di gurun pasir sehingga karakteristik tanaman kaktus menyesuaikan dengan lingkungannya.

Karakteristik lain tanaman kaktus ini adalah dia memiliki daun yang berbentuk duri untuk mengurangi penguapan, memiliki batang berlapis lilin untuk mempertahankan kadar air, pada batang kaktus tersusun jaringan spon untuk menyimpan kadar air yang baik.

Akar yang dimiliki tanaman kaktus panjang dan menyebar luas ke dalam tanah, akar yang panjang tersebut berfungsi untuk lebih bisa menjangkau dan mengambil air dan unsur hara yang terdapat di dalam tanah.



Macam-macam Jenis Kaktus Hias

Kaktus pada awalnya berkembang di daerah gurun, namun pada akhirnya menyebar sampai ke berbagai belahan dunia. Kaktus ada berbagai jenis, mulai dari kaktus berukuran tinggi hingga kaktus berukuran sangat kecil. Ada pula jenis kaktus berduri tanpa bunga, namun ada pula kaktus yang tumbuh tanpa duri dan berbunga sangat indah. Karena keunikannya inilah, saat ini kaktus banyak dilirik sebagai tanaman hias. 

Kaktus yang dijadikan tanaman hias dirumah ini memiliki jenis yang beragam, dan setiap jenis memiliki keindahan dan keunikannya masing-masing baik dari segi tampilan, bentuk, dan warna bunganya. Berikut ini adalah macam-macam jenis tanaman kaktus hias yang bisa dijadikan tanaman hias untuk dipelihara di rumah anda antara lain;

1. Kaktus Hias Ariocarpus
2. Kaktus Hias Astrophytum
3. Kaktus Hias Cereus Tetragonous
4. Kaktus Hias Cephalocereus Senilis
5. Kaktus Hias Echinocacts Grusoni
6. Kaktus Hias Pincushion
7. Kaktus Hias Parodia
8. Kaktus Hias Melocactus
9. Kaktus Hias Mammillaria Fraileana
10. Kaktus Hias Mammillaria Elongata Var Intertexta
11. Kaktus Hias Mammillaria Elongata
12. Kaktus Hias Lobivia Oganmaru
13. Kaktus Hias Haworthia Attenuata (Zebra)
14. Kaktus Hias Gymnocalycium
15. Kaktus Hias Ferocactus
16. Kaktus Hias Echinofossulocactus

Biasanya untuk tanaman hias, kaktus yang banyak ditanam dan disenangi penggemar kaktus untuk dirawat dan dipelihara di rumah adalah jenis kaktus mini, yang berukuran kecil yang muat di pot dan media tanam yang sedikit.


Cara Menanam Tanaman Kaktus Hias 

Proses penanaman kaktus hias tergolong mudah dilakukan, baik mulai dari persiapan hingga proses pemeliharaan. Hal ini dikarenakan kaktus adalah tanaman yang kuat dan tahan banting tadi. Kaktus termasuk Tanaman Hias yang mudah untuk tumbuh dan mudah pula untuk dirawat. Tanaman ini dikenal juga sebagai tanaman gurun, maka sangatlah wajar apabila kaktus memiliki daya tahan luar biasa terhadap lingkungan ekstrim. Agar sukses dalam menanam kaktus hias, anda perlu tahu kuncinya dengan menyesuaikan media tanam dari tanaman kaktus hias ini, yaitu pasir. Apabila Anda tertarik untuk menanam tanaman ini, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menanamnya;

1. Pembibitan

Pembibitan merupakan tahapan yang sangat penting, oleh karena itu Anda perlu berhati-hati dalam melakukan proses ini. Bibit kaktus dapat dibeli dengan mudah di nursery, atau Anda bisa melakukannya sendiri dengan memilih bibit dari batang induk. Pastikan untuk memilih bibit yang unggul, tidak terdapat cacat fisik pada bibit tersebut. Anda bisa memilih bibit kaktus yang duri-durinya masih sempurna, batangnya tak mengalami memar, dan juga arah tumbuhnya tegak lurus. Pilihlah bibit yang umurnya sudah melebihi tiga bulan. Jika Anda mengambil dari batang indukan, pastikan batang bibit juga sudah mencukupi umurnya.  Cara menanam kaktus dengan menggunakan batang dari induk juga sama dengan proses menanam menggunakan bibit dari nursery.


2. Pembuatan Media Tanam

Karena kaktus termasuk tanaman yang berkarakteristik daerah kering, maka kaktus hias memerlukan media yang kering dan tidak menahan air, sehingga akar kaktus tak terlalu lama dalam mengikat air. Oleh karena itu, kita tidak bisa menggunakan tanah merah dan tanah liat sebagai media tanam, karena dua jenis tanah tersebut memiliki daya ikat air yang tinggi. Apabila jumlah air di media tanam terlalu banyak, maka bisa menyebabkan batang kaktus menjadi membusuk.

Anda bisa membuat media tanam yang menggunakan bahan seperti tanah pasir, arang sekam, dan kompos dengan komposisi 1:1:1. Cara menanam kaktus dengan menggunakan kompos atau pupuk organik diyakini lebih berhasil dibanding menggunakan pupuk kimia. Kemudian siapkanlah pot yang sesuai. Jika kaktus bentuknya membulat, maka Anda bisa menggunakan pot dengan ukuran 5 sampai 10 cm. Apabila kaktus bentuknya tinggi, Anda bisa menggunakan pot yang tingginya setengah dari tinggi kaktus. Pastikan dulu bahwa pot memiliki sistem drainase cukup baik, agar kaktus Anda tidak membusuk.

3. Perawatan

Beda dengan Anggrek dan Bunga Kamboja, Kaktus termasuk tanaman yang tidak begitu menyukai air, namun kaktus tetap perlu disiram. Siramlah kaktus Anda seminggu sekali. Anda juga perlu melakukan penggantian pot dan juga media tanam paling tidak setiap setahun sekali. Yang perlu diingat, ada jenis kaktus yang menyukai sinar matahari, namun ada juga yang menyukai tempat yang gelap. Sesuaikanlah letak kaktus Anda sesuai jenisnya, jangan sampai terbalik. Namun jangan langsung meletakkan kaktus di tempat yang langsung terkena sinar matahari. Setelah minggu ketiga dari masa tanam, Anda baru bisa memindahnya ke tempat yang banyak sinar mataharinya. Apabila kaktus Anda adalah jenis kaktus yang menyukai tempat yang tak terlalu banyak sinar mataharinya, sesekali Anda juga perlu memindahnya ke tempat yang terang.

Selain itu, Anda juga perlu memangkas tanaman ini jika proses tumbuhnya sudah terlalu panjang. Untuk melindungi tanaman ini dari hama yang menyerang, seperti halnya hama cendawan, keong tanah dan tungau, Anda bisa menyemprotkan pestisida pada kaktus Anda. Anda juga perlu memberikan bakterisida secara berkala. Jika Anda jeli dalam perawatan, kaktus Anda akan tumbuh subur sesuai harapan Anda.

Apabila Anda ragu untuk mencoba menanam dari bibit, Anda bisa membeli kaktus yang sudah jadi di berbagai penjual tanaman hias yang bisa Anda temui dengan mudah di sekitar lingkungan Anda. Meski termasuk jenis tanaman yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya, sebaiknya kaktus yang baru saja Anda beli tidak langsung diletakkan di ruangan. Sebaiknya tanaman baru tersebut dikondisikan terlebih dahulu di tempat yang intensitas cahaya mataharinya sedang, sirkulasi udaranya lancar, dan tidak sering terkena air hujan.

Untuk perawatan kaktus ini, lakukan penyiraman seminggu sekali, atau bisa disesuaikan dengan tingkat kekeringan dari media tanamnya. Setelah dua minggu, Anda bisa memindah kaktus tersebut pada tempat yang diinginkan, misalnya di meja ruang tamu, di ruang kerja, maupun di tempat favorit Anda yang lainnya. 

Demikianlah tentang macam-macam kaktus dan cara mudah dan murah menanam kaktus tersebut, semoga Artikel ini bermanfaat. terimakasih.



22.42

0 komentar:

Posting Komentar